PT.INDO WINMEDIA GRUP
SITUS WEB PORTAL/PLAFORM DIGITAL

Alat PCR BPOM Gorontalo Hari Ini Beroperasi Kembali.

Agus Yuda : Semua Hasil Swab akan diperiksa di Gorontalo. dr. Yana Yanti : Paling lama 4 Hari menunggu Hasilnya.

0

Winnet.id – Melansir dari beberapa media, bahwa alat PCR balai BPOM rusak, Agus Yuda Prayudana, Kepala BPOM Provinsi Gorontalo ungkapnya, bahwa alat PCR (Polymerase chain Reaction) milik BPOM tidak rusak, kepada awak media, Sabtu (09/01/2021).

Ia menjelaskan Alat PCR tersebut dalam kondisi sangat baik, dan masih digunakan oleh BPOM Provinsi Gorontalo.

“Yang rusak bukan alat PCR, akan tetapi dua buah Centripuge,” jelasnya Agus Yuda Prayuda.

Dalam penjelasannya, bahwa faktor yang membuat Centripuge rusak, karena alat tersebut telah digunakan dalam kurun waktu lama dengan pola sistem kerja tinggi.

“ semenjak alat ini digunakan sebagai menguji sample covid-19 sehingga pekerjaannya memiliki sistem kerja yang tinggi, dan Hal itu wajar karena alat-alat yang terkait dengan mekanis,” jelasnya.

Ditambahkannya, hari ini komponen itu sudah datang di BPOM, sehingga Centripuge biasa beroperasi secara normal dan segera kita akan menguji kembali,” tambah Agus Yuda.

Olehnya dengan beroperasi kembali alat PCR yang di miliki Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), maka seluruh hasil swab yang telah dilakukan oleh pihak Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo. Akan segera diperiksa di Gorontalo.

” Kami membatalkan pengiriman swab untuk di periksa di balitbangkes manado, termasuk hasil swab para anggota DPRD Provinsi Gorontalo dan pegawai Sekretariat DPRD,” ungkap dr.yana yanti suleman selaku Kadis Dikes Prov.Gorontalo.

Leave A Reply

Your email address will not be published.