PT.INDO WINMEDIA GRUP
SITUS WEB PORTAL/PLAFORM DIGITAL

Debat Publik, Satu Calon Tak Hadir…??  Tiga Calon Adu Gagasan

0

Winnet.id, Bone Bolango – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bone Bolango, menggelar debat publik atau debat kedua, kandidat Calon Bupati, pada Rabu (11/11/2020)

Debat yang dilaksanakan tersebut, adalah salah satu bentuk penyampaian visi misi, serta adu argument, untuk bisa meyakinkan pemilih (masyarakat) sehingga debat tersebut adalah poin tambahan selain kampanye dalam menyampaikan visi misi ke depan, bagi setiap kandidat.

Namun, pada debat yang berlangsung pagi tadi, ada pemandangan berbeda, dimana salah satu calon Bupati tidak hadir pada debat tersebut.

Suasana Debat Publik, yang hanya dihadiri tiga Calon Bupati. Rabu, (11/11/2020)

Ketua KPU Kabupaten Bone Bolango, Adnan Berahim menerangkan, calon bupati yang tidak hadir tersebut adalah Mohammad Kilat Wartabone karena beralasan sakit.

“Sebelumnya kami sudah menerima surat pemberitahuan dari calon bupatiyang bersangkutan ( Nomor urut empat, Kilat Wartabone ) berupa surat keterangan dokter yang menerangkan bersangkutan dalam keadaan sakit,” ungkap Adnan.

Hal ini, menimbulkan banyak pertanyaan dimasyarakat. Namun dalam peraturan KPU, bagi pasangan calon yang tidak hadir dalam debat akan mendapat sanksi berupa pemotongan iklan Kampanye.

Untuk Calon Bupati Moh. Kilat Wartabone, sanksi tersebut tidak berlaku . Hal ini di karenakan, sebelumnya Kilat telah menyampaikan pemberitahuan terlebih dahulu sebelum debat Pilkada digelar.

Sehingga, pada debat publik pagi tadi, yang berlangsung cukup sengit, dengan adu gagasan itu, hanya diikuti oleh 3 caloN Bupati saja yakni :

Nomor urut 1 – Ismet Mile, nomor urut 2 – Hamim Pou dan calon Bupati nomor urut 3, Rusliyanto Monoarfa.

Meski begitu, debat berlangsung dengan aman, sesuai mekanisme dan tetap menerapkan protokol kesehatan pengendalian covid 19. (win03)

Leave A Reply

Your email address will not be published.