NASIONAL

Pemberantasan Korupsi Oleh KPK Dinilai Mengalami Kemunduran

Winnet.id Jakarta – Eks Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang, menilai pemberantasan korupsi di Indonesia mengalami kemunduran. Ini usai pemerintah merevisi Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK.

“Saya khawatir ke depannya, ketika bicara prediksi, oligarki akan terus berjalan,” kata Saut dalam diskusi secara daring, Kamis, 20 Agustus 2020.

dilansir dari http://medcom.idSaut menuturkan revisi Undang-Undang KPK yang selesai dalam 14 hari di DPR patut dicurigai. Apalagi, revisi undang-undang itu menentang suara publik yang berunjuk rasa besar-besaran pada akhir 2019.

“Unjuk rasa untuk menentang revisi Undang-Undang KPK itu terbesar sejak kerusuhan Mei. Walaupun akhirnya lesu dan menghilang begitu saja,” tutur dia.

Dia memprediksi pemberantasan korupsi bakal berjalan di tempat hingga 2024. Ini terjadi bila Presiden Joko Widodo tidak melakukan banyak perubahan terkait Undang-Undang KPK sampai akhir sisa masa jabatan.

“Kepala Negara pidato ini serius tidak main-main dalam upaya pemberantasan korupsi. Namun pikiran, tindakan, dan ucapan tidak sesuai,” ujar Saut.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: