PT.INDO WINMEDIA GRUP
SITUS WEB PORTAL/PLAFORM DIGITAL

Sekda Ridwan Ungkap Upaya Pemda dalam Mendongkrak Komoditas Jagung di Gorut

0

Winnet.id Gorut – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara (Gorut) mendukung penuh program hasil kerjasama antara Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Gorut dengan The National Support for Local Investment Climates (NSLIC) / National Support for Enhancing Local and Regional Economic Development (NSELRED).

Hal itu disampaikan Sekda Gorut, Ridwan Yasin saat menghadiri acara Temu Lapang Petani Jagung dengan Pemerintah Daerah (Pemda), Perbankan, Pelaku Usaha Jagung dalam hal ini Koperasi Gorut Maju, PT. Restu Agropro Jayamas, serta BUMDes.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Motihelumo, Kecamatan Sumalata Timur dan Desa Mebongo, Kecamatan Sumalata, Kamis (6/8/2020) yang dirangkaikan dengan panen raya jagung.

“Ya, program ini merupakan program yang pro rakyat, sehingga Pemkab Gorut mendukung sepenuhnya,” kata Sekda Ridwan dalam sambutannya.

Dirinya juga menjelaskan, Temu Lapang ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama antara pemerintah melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) dengan The National Support for Local Investment Climates (NSLIC) / National Support for Enhancing Local and Regional Economic Development (NSELRED).

Dimana Proyek NSLIC/NSELRED lanjut Ridwan, merupakan program pro rakyat hasil kerjasama antara Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas dengan Pemerintah Kanada melalui Global Affairs Canada (GAC).

“Tujuan dari proyek NSLIC/NSELRED ini, untuk mendukung kapasitas stakeholder meningkatkan iklim investasi lokal dan pengembangan ekonomi lokal dan daerah di beberapa kabupaten/kota terpilih di Provinsi Sulawesi Tenggara dan Provinsi Gorontalo,” jelas Ridwan.

Dirinya berharap, proyek/kerjasama tersebut dapat mendorong perluasan dan peningkatan produktivitas jagung hasil pertanian. Baik bagi Pelaku Usaha Jagung, Koperasi Gorut Maju, maupun Kelompok-Kelompok Tani di Gorut.

“Kami mengharapkan, proyek ini dapat mendorong iklim investasi pengembangan ekonomi lokal komoditas jagung di Gorut. Demikian juga dengan upaya membangun sistem agrobisnis jagung yang diharapkan dapat terintegrasi secara maksimal dari hulu hingga ke pemasaran, yang didesain dengan Model Kemitraan Bisnis (Koperasi Gorut Maju, PT. Restu Agropro Jayamas, dan BUMDes,) tutup Ridwan.

Di kesempatan itu juga, sekda mengungkapkan bahwa pihaknya terus berupaya mendorong kesejahteraan masyarakat petani jagung, melalui bantuan-bantuan pupuk.

“Di hadapan kami, sudah terpampang jelas Pupuk R7. Untuk itu kami sampaikan terima kasih kepada Pihak NSLIC yang telah merekomendasikan pupuk unggul ini. Kedepan, pupuk R7 ini akan kami kembangkan di Gorut. Dan saya sudah sampaikan kepada Kepala BAPPEDA bahwa kita akan menganggarkan, membantu para petani dengan memberikan benih jagung R7 ini secara gratis,” ungkap Ridwan.

“Memang tahun ini, semua usulan dari para penyuluh pertanian rata-rata menggunakan beberapa jenis bibit yang saat ini dipakai oleh petani. Nanti kedepan, diharapkan petani, melalui penyuluh masing-masing dapat mengusulkan dan merekomendasikan bibit R7 serta tata cara ataupun protokol pertaniannya,” sambungnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.