NASIONAL

Sekitar Gunung Sinabung Dipenuhi Hujan Es Sebesar Kelereng

Winnet.id Sumut – ,, tepatnya  di Kecamatan Tiga Panah di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, terjadi hujan es pada Kamis malam, 20 Agustus 2020. Fenomena alam tersebut pun menghebohkan warga.

“Hujan es nya sebesar batu kerikil,” sebut Krisnanto Ginting, warga Kecamatan Tiga Panah kepada wartawan, dikutip Jumat 21 Agustus 2020.

Ia mengungkapkan, hujan es berlangsung hampir 30 menit. Peristiwa itu pun diketahui tidak sampai merusak rumah warga.

“20 menit tadi hujan es nya, tapi  enggak sampai merusak atap rumah. Tapi es nya sampai ke teras rumah saya,” tutur Krisnanto.

Dilansir dari http://viva.co.idSementara itu, Petugas BMKG Frocaster BMKG Kualanamu, Desi mengatakan, hujan es bisa saja terjadi karena meningkatnya gugusan lava dan abu vulkanik yang tersedia Gunung Sinabung.

“Jadi di atmosfer menambah partikel udara (inti kondensasi) yang mendukung pembentukan awan cumulonimbus . Awan CB tersebut dapat menyebabkan terjadinya hujan es, badai, guntur dan angin kencang,” ujar Desi.

Kepada masyarakat Desi mengimbau tetap berada di rumah apabila hujan es kembali terjadi. Sehingga, tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Supaya labih safety. Sebenarnya dampaknya sama aja dengan hujan, kalau kita diluar ya biasa sakit juga,” jelas Desi

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: