PT.INDO WINMEDIA GRUP
SITUS WEB PORTAL/PLAFORM DIGITAL

Setwan Deprov Miliki Majelis Taklim Jabal Musyawarah.

Akris : “ini akan menjadi wadah, serta proses pembelajaran dalam mengarah kepada pembentukan akhlak mulia bagi jamaah”.

0

WINNET.ID – Kata majelis taklim tak lagi asing di telinga masyarakat,  Kata ini marak digunakan untuk kumpulan pengajian.Secara etimologi, istilah tersebut terdiri dari dua kata yakni majlis. Asal katanya jalasa dalam bahasa Arab yang artinya ‘duduk’ sedangkan kata taklim berasal dari kata ta’lim adalah bentuk masdar yang berarti ‘pengajaran’. Asal katanya ‘allama, Penggabungannya berarti tempat pengajaran.

majelis taklim adalah salah satu lembaga pendidikan keagamaan nonformal yang bertujuan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Proses pembelajaran di dalamnya mengarah kepada pembentukan akhlak mulia bagi jamaahnya, serta mewujudkan rahmat bagi alam semesta.

Olehnya Jajaran Sekretariat DPRD Provinsi Gorontalo membentuk majelis taklim tersebut dilingkup kerjanya, yang di awali dengan Rapat perdana pembahasan program bertempat di ruang  Paripurna DPRD Provinsi Gorontalo, Jum’at (19/02/2021).

Pembentukan majelis taklim ini sebelumnya telah di terbitkan SK oleh sekertaris DPRD nomor 24/set.DPRD/II/2021, dimana sebagai ketua Majelis Taklim Budhianto Naue Periode 2021 – 2024.

Atas dasar dimaksud maka lahirlah rekomendasi kepada seluruh jamaah untuk bagaimana kalau menghidupkan kembali majelis ta’lim jabal musyawarah ini.

“alhamdulillah waktu itu langsung direspon oleh bapak sekwan sampai tiba pada pagi hari ini kita duduk bersama untuk membicarakan arah program maupun kegiatan majelis ta’lim jabal musyawarah ini,” jelas Akris selaku Sekertaris Majelis Taklim.

Ditambahkannya, bahwa ada delapan point yang tertuang dalam SK maupun program tersebut, yakni ;

  1. Merekomendasikan nominative terhadap besaran kumpulan dana baik dana duka serta dana qurban idul adha dilingkup Sekretariat DPRD Provinsi Gorontalo.
  2. Menghimpun dan mengumpulkan dana rutin duka/qurban serta dana alokasi pembangunan islamic center oleh ASN/PTT Sekretariat DPRD Provinsi Gorontalo
  3. Mengadakan pengajian qur’an minimal satu bulan satu kali di masjid jabal musyawarah kantor Sekretariat DPRD Provinsi Gorontalo ;
  4. Mengadakan pengajian qur’an / yasinan pada rumah duka keluarga sekretariat DPRD yang dilanda duka.
  5. Memberikan santunan dana kepada keluarga inti (ybs/orangtua/anak/suami/istri) ASN/PTT lingkup Sekretariat DPRD Provinsi Gorontalo yang berduka.
  6. Memberikan santunan dana atas musibah baik sakit kronis/kecelakaan/dll kepada ASN/PTT dilingkup Sekretariat DPRD Provinsi Gorontalo.
  7. Mengadakan pertemuan rutin sesuai jadwal yang disepakati serta mengadakan kegiatan keagamaan lainnya.
  8. Menjadi panitia pelaksana penyembelihan hewan qurban dilingkungan Sekretariat DPRD Provinsi Gorontalo.

“ jadi delapan point ini akan menjadi nilai program majelis taklim di lingkup Sekretariat DPRD Provinsi Gorontalo,” ungkapnya.

 

berkenaan dengan tugas dan kapasitas serta kewenangan dari majelis taa’lim jabal musyarah Sekretariat DPRD Provinsi Gorontalo ini maka kami telah menyusun program kegiatan yang akan sama sama kita diskusikan serta menjadi dasar kesepakatan dan komitmen kita bersama tidak hanya komitmen dari pengurus melainkan adalah bagian yag tidak terpisahkan dari komitmen seluruh ASN maupun PTT di Sekretariat DPRD Provinsi Gorontalo.

olehnya program dan kegiatan dimaksud dapat kami jabarkan sebagai berikut :

  1. sumber anggaran yang akan disumbangkan dan menjadi himpunan dana majelis ta’lim Sekretariat DPRD Provinsi Gorontalo adalah berasal dari perjalanan dinas ASN maupun PTT dilingkup Sekretariat DPRD Provinsi Gorontalo.
  2. sumber anggaran lainnya yang digunakan untuk kontribusi pembangunan masjid islamic center bersumber dari TKD para pegawai yang selama ini memang sudah berjalan atas dasar kesepakatan tempo lalu tahun 2020 dan biarkan tetap istiqomah dijalannya.
  3. kumpulan dari biaya perjalanan dinas akan menjadi sumber anggaran wajib yang akan dialokasikan untuk uang santunan duka, bantuan sumbangan sakit kronis maupun kecelakaan serta diperuntukan pada penyembelihan hewan qurban masjid jabal musyawarah Sekretariat DPRD Provinsi Gorontalo.
  4. adapun besaran sumbangan yang di ihklaskan dalam bagian nominal perjalanan dinas.
  5. terhadap asumsi sumbangan yang bisa menjadi gambaran pada pertemuan hari ini, yakni diasumsikan bahwa perjalanan dinas pada Sekretariat DPRD tidak bisa dipungkiri dengan frekuesi yang cukup tinggi setiap minggu sebanyak dua kali perjalanan dinas, yang dirata ratakan saja kalau 30 orang setiap minggunya dapat mencapai sebesar Rp. 1.500.000 itu asumsi sementara rata rata 50.000/orang bayangkan saja apabila sampai dengan satu bulan berarti ada sekitar 7 frekuesi perjadis dengan total perbulan ada sekitar Rp. 10.000.000
  6. sapi yang kita harapkan akan tercapai dengan total jumlah 5 ekor dapat dimaksimalkan.
  7. akan dilakukan kontrol setiap saat untuk alokasi pemenuhan sumbangan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.