Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
AdvetorialDaerahNasionalNewsProvinsi Gorontalo

Menggagas Kemajuan Desa Melalui Program KKN: Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika UNG Kembangkan sistem informasi Desa Tumbuh Mekar

200
×

Menggagas Kemajuan Desa Melalui Program KKN: Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika UNG Kembangkan sistem informasi Desa Tumbuh Mekar

Sebarkan artikel ini

Bone, Bone Bolango Universitas Negeri Gorontalo (UNG) beberapa bulan lalu melepas Mahasiswa ke Desa-desa yang ada di Bone Bolango, dalam rangka program Kuliah Kerja Nyata (KKN), termasuk di Desa Tumbuh Mekar, Kecamatan Bone.

Program yang melibatkan mahasiswa Jurusan Teknik Informatika ini, merupakan bagian dari implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yang bertujuan untuk mendorong perkembangan desa melalui digitalisasi.

Selama empat bulan tinggal di Desa Tumbuh Mekar, para mahasiswa tidak hanya mengembangkan sistem informasi desa (Open SID), tetapi juga aktif terlibat dalam kegiatan yang melibatkan masyarakat, aparat desa, dan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Program KKN dimulai dengan sosialisasi dan pelatihan tentang sistem informasi desa (Open SID) di Aula Kantor Desa Tumbuh Mekar pada tanggal 6 Juni 2023.

“Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang Open SID, sehingga mereka dapat mengenali manfaat dan potensi dari sistem informasi tersebut.” jelas, koordinator desa, Sadli Fardiansyah Tjia, membuka percakapan bersama wartawan winnet.id. (31/07/23)

Program KKN MBKM 2023 menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan yang telah mereka pelajari di bangku kuliah dan memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat.

Sadli Fardiansyah Tjia menjelaskan, para mahasiswa akan melaksanakan program inti dan tambahan yang dirancang untuk memberikan manfaat bagi masyarakat setempat. Dengan terlibat aktif dalam kehidupan masyarakat, para mahasiswa dapat lebih memahami kebutuhan dan potensi desa secara mendalam.

Salah satu pencapaian penting dari program KKN MBKM 2023 di Desa Tumbuh Mekar adalah integrasi pemetaan wilayah dan data penting lainnya ke dalam Website Open SID.

“Langkah inovatif ini mempermudah warga desa untuk mengakses informasi mengenai batas wilayah, infrastruktur, dan sumber daya yang tersedia di sekitar mereka.” ungkap Sadli

Selain itu, kata Sadli, Data tentang penduduk dan UMKM juga berhasil diintegrasikan ke dalam platform Open SID. Hal ini akan membantu pemerintah desa dalam memahami kebutuhan dan potensi masyarakat secara lebih baik.

Hasil dari program inti, termasuk pembuatan profil desa, pemetaan wilayah, penginputan data penduduk, dan integrasi data pemilik UMKM ke dalam Website Open SID, menunjukkan komitmen dan dedikasi para mahasiswa Program KKN MBKM 2023.

Sementara itu, perwakilan Dosen Pembimbing Lapangan, Tajuddin Abdillah, S.Kom, M.Cs,  dan Kepala Desa Tumbuh Mekar, Kamarudin A. Tohopi, memberikan apresiasi positif terhadap program pengembangan digitalisasi desa yang dilakukan oleh mahasiswa UNG.

Program KKN Mahasiswa
Mahasiswa UNG jurusan Ini saat sosialisasi dan pelatihan tentang sistem informasi desa (Open SID) di Aula Kantor Desa Tumbuh Mekar pada tanggal 6 Juni 2023.

Mereka mengakui bahwa inisiatif yang diambil oleh mahasiswa telah memberikan kontribusi yang nyata dan berharga dalam pemanfaatan teknologi informasi di desa.

“Kami berharap, program ini dapat terus dikembangkan dan didukung dengan baik oleh aparat desa agar manfaatnya semakin dirasakan oleh masyarakat.” ujar Tajuddin Abdillah.

Program KKN MBKM 2023 di Desa Tumbuh Mekar telah menciptakan dampak positif dan nyata dalam upaya pengembangan desa melalui digitalisasi. Integrasi sistem informasi desa (Open SID) dan data penting lainnya membuat desa lebih terhubung dan transparan dalam menyajikan informasi kepada masyarakat.

Selain itu juga, Integrasi Open SID dalam program KKN MBKM 2023 di Desa Tumbuh Mekar telah membuka peluang untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

“Dengan data yang mudah diakses dan akurat, masyarakat dapat dengan cepat mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.” terang kepala Desa Mekar, Kamarudin A. Tohopi.

“Selain itu, pemilik UMKM juga dapat memanfaatkan platform Open SID untuk mempromosikan produk dan usaha mereka, meningkatkan peluang untuk mendapatkan dukungan dan pelanggan baru.” tambahnya.

Digitalisasi desa melalui program KKN MBKM 2023 menjadi langkah strategis dalam mewujudkan pembangunan desa yang berkelanjutan. Dengan pemanfaatan teknologi informasi, desa menjadi lebih efisien dalam mengelola sumber daya, meningkatkan pelayanan publik, dan membuka peluang baru dalam sektor ekonomi.

Melalui program KKN MBKM 2023 di Desa Tumbuh Mekar, para mahasiswa telah menunjukkan komitmen dan dedikasi mereka untuk berkontribusi dalam pembangunan desa secara menyeluruh. Langkah-langkah inovatif yang diambil oleh para mahasiswa telah membantu memajukan desa dan membuka peluang baru dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Seiring berakhirnya program KKN MBKM 2023 di Desa Tumbuh Mekar, mahasiswa Jurusan Teknik Informatika meninggalkan jejak positif dan inspiratif bagi masyarakat setempat. Harapan dan antusiasme untuk masa depan desa yang lebih cerah terus menggelora di antara semua pihak yang terlibat.

Melalui digitalisasi dan pemanfaatan teknologi informasi, Desa Tumbuh Mekar telah membuktikan bahwa kolaborasi dengan perguruan tinggi dapat memberikan perubahan positif dan berkelanjutan. (Penulis: Bagus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *