Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
AdvetorialDaerahNasionalProvinsi Gorontalo

Mahasiswa KKN UNG Gelar Pelatihan Microsoft Office di Sekolah Desa Terpencil

250
×

Mahasiswa KKN UNG Gelar Pelatihan Microsoft Office di Sekolah Desa Terpencil

Sebarkan artikel ini

MTs Negeri An-Nur, Monano Kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKN MBKM) Universitas Negeri Gorontalo, mengadakan pelatihan Microsoft Office di MTs An-Nur Monano, Desa Tumbuh Mekar, Kabupaten Bone Bolango, pada 22 Juni 2023, kemarin.

Pelatihan ini merupakan bagian dari program tambahan KKN MBKM, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan digital dan penguasaan teknologi informasi dikalangan pelajar.

“Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan dengan tujuan memberdayakan masyarakat dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan teknologi di daerah terpencil.” ungkap Sadli Fardiansyah Tjia, saat bercerita pengalaman pihaknya selama KKN, kepada wartawan winnet.id.

Dalam kegiatan itu, Lebih dari 20 siswa kelas 8 MTs An-Nur Monano antusias mengikuti pelatihan, untuk memperoleh pengetahuan baru dalam penggunaan perangkat lunak Microsoft Office.

Sadli dan kawan-kawan menyadari, manfaat teknologi informasi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam dunia pendidikan dan pekerjaan, sehingga pelatihan ini memberikan kesempatan berharga bagi mereka untuk mengembangkan keterampilan digital yang relevan.

“Pelatihan ini diselenggarakan dengan pendekatan interaktif, di mana para peserta diberikan kesempatan untuk langsung berlatih menggunakan Microsoft Word dan Excel.” jelas Sadli.

Merespon kegiatan Mahasiswa Jurusan Informatika ini, Kepala Sekolah MTs An-Nur, Monano, memberikan apresiasi tinggi atas inisiatif mahasiswa dalam mengadakan pelatihan ini.

Menurut Kepala Sekolah, upaya ini akan meningkatkan kompetensi digital dikalangan pelajar, sekaligus langkah positif untuk menghadapi tantangan dunia kerja dan pendidikan yang semakin digital.

Pelatihan
Siswa Kelas 8 MTs Negeri Monano, Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango, ber-swafoto bersama mahasiswa KKN UNG, usai pelaksanaan bimbingan pemanfaatan teknologi Microsoft office.

Baca juga: Menggagas Kemajuan Desa Melalui Program KKN: Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika UNG Kembangkan sistem informasi Desa Tumbuh Mekar

“Semakin mahir siswa dalam menggunakan Microsoft Office, semakin siap mereka menghadapi dunia yang semakin terhubung dan berbasis teknologi.” ucap Kepala Sekolah MTs Negeri An-Nur, Monano.

Demikian pula Naila, siswi kelas 8 MTsN An-Nur, yang merasakan manfaat langsung dari pelatihan ini. Ia berbagi pengalaman positifnya, yang mengaku senang dengan kehadiran kakak-kakak dari UNG tersebut .

“Saya merasa senang dan bersyukur bisa mengikuti pelatihan Microsoft Office ini. Sebelumnya, saya hanya sebatas tahu, tetapi sekarang saya sudah bisa lebih mahir menggunakan Word dan Excel.” tegas Naila, penuh semangat.

“Terima kasih kepada kakak-kakak mahasiswa yang telah mengajari kami dengan sabar dan penuh semangat.” sambung dia.

Kegiatan pelatihan Microsoft Office ini menunjukkan pentingnya kolaborasi antara perguruan tinggi dan masyarakat dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan teknologi di daerah-daerah terpencil.

Harapannya, kedepan agar kegiatan semacam ini dapat berlanjut dan terus membawa perubahan positif dalam pengembangan kualitas pendidikan dan teknologi di daerah-daerah terpencil.

Melalui pelatihan Microsoft Office dan kolaborasi yang baik, diharapkan dapat mencapai tujuan bersama, dalam mendorong peningkatan kemampuan digital dan penguasaan teknologi informasi di kalangan pelajar. (Penulis: Bagus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *