Menu

Mode Gelap

Nasional ·

PP No. 22 Tahun 2021, Menghapus FABA dari Kategori Limbah B3.


					PP No. 22 Tahun 2021, Menghapus FABA dari Kategori Limbah B3. Perbesar

WINNET.ID JAKARTA I – Pasca ditandatanganinya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, limbah batu bara dikeluarkan dari kategori limbah bahan berbahaya dan beracun (B3). PP tersebut merupakan aturan turunan dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Berdasarkan lampiran 14 PP Nomor 22 Tahun 2021 disebutkan, jenis limbah batu bara yang dihapus dari kategori limbah B3 adalah fly ash dan bottom ash (FABA). FABA, akronim dari fly ash dan bottom ash, dikenal sebagai produk sisa dari pembakaran batu bara. Dimana batu bara yang dibakar itu menghasilkan produk sisa berupa material-material yang ‘terbang’ dan ‘terendapkan’, yang terbang itu disebut fly ash, yang mengendap di bawah bottom ash.

Volume FABA yang melimpah bisa dikembangkan dan sangat potensial menggantikan atau mensubstitusi bahan baku bata ringan untuk keperluan konstruksi. Webinar Forum PWI Jaya Series “Mengoptimalkan Manfaat FABA untuk Pembangunan Ekonomi”,  diselenggarakan di tengah meningkatnya perhatian tentang daya guna dari limbah batu bara tersebut.

Webinar yang juga disajikan secara live melalui facebook PWI DKI Jakarta ini menampilkan empat pembicara, yakni Sri Andini, Komisaris Utama PT. Bukit Pembangkit Inovative,  Dr.Eng Januarti Jaya Ekaputri, ST, MT, Dosen ITS,  peneliti pemanfaatan FABA untuk infrastruktur, Dr.Ir.Nani Hendiarti, M.Sc, Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan dan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Kemaritiman dan Investasi, serta Prof.Dr.Ir.H Fachrurrozie Sjarkowi, M.Sc, Guru Besar Akademisi Masalah Lingkungan Hidup Universitas Sriwijaya.Diskusi menarik ini dipandu oleh Brigita Manohara, presenter TvOne. (rls/Win03)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 31 kali

badge-check

Pewarta

Baca Lainnya

Tropicana Slim Dukung Diabetesi di Masa Pandemi melalui #Hands4Diabetes2021 Online Festival.

13 November 2021 - 16:21

Sandiaga Uno : Ingin Geopark Gorontalo masuk Kategori Nasional ? Jangan “tutuhiya”.

7 November 2021 - 14:39

winnet.id

Menparekraf Sandiaga Uno Wujudkan Geopark Gorontalo sebagai Geopark Nasional.

7 November 2021 - 10:19

winnet.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno

Tangis Keluarga, Ayah Bibi Ardiansyah di Hadapan Jenazah Anak dan Menantunya

5 November 2021 - 08:38

Diduga Ikut Terlibat Laka Vanessa Angel, Tubagus Joddy Sempat Diingatkan Tak Main Hp

4 November 2021 - 18:42

Viral Foto Evakuasi Vanessa Angel Pasca Kecelakaan Beredar di Medsos

4 November 2021 - 18:35

Trending di Editor's Pick