Menu

Mode Gelap

DPRD Provinsi Gorontalo WITA

Reses Di Desa Bulontala Timur, Yuriko Kamaru: Petani Harus Mandiri


					Reses Di Desa Bulontala Timur, Yuriko Kamaru: Petani Harus Mandiri Perbesar

Silahkan di Share Yach

Winnet.id – Anggota DPRD Provinsi Gorontalo, DAPIL (Daerah Pemilihan) Bone Bolango Yuriko , melaksanakan reses perorangan di Desa Bulontala Timur, Kecamatan Suwawa Selatan, Kab. Bone Bolango, Rabu (08/02/2023).

Dalam kegiatan yang berlangsung sore hari itu, Yuriko ditemani oleh Aparatur Desa dan serta didamping Dinas Pertanian Bone Bolango.

Yuriko Kamaru sedang meninjau lahan pertanian

Saat diwawancarai awak media Yuriko menyampaikan, bahwa angka kemiskinan sering kali terjadi di pedesaan yang masyarakatnya bekerja sebagai petani. Sehingganya ia menginginkan agar terwujudnya kemandirian bagi para petani.

” Ini menjadi titik fokus dimana saya ingin mendorong agar petani mampu untuk mandiri dalam mengolah produk-produk pertanian,” ujar politisi Nasdem tersebut.

Selain itu ia juga mengatakan bahwa banyak program-program pertanian yang sudah berjalan namun belum mampu menghasilkan petani yang mandiri karena disebabkan kurangnya pendampingan.

” Banyak program pertanian telah berjalan tapi belum mengantarkan kemandirian pada masyarakat. Hal ini terjadi mungkin karena kita tidak melakukan proses pendampingan. Sehingga nanti sudah mandiri baru kita lepas proses pendampingan ini,” ujarnya.

Tak hanya itu, Yuriko juga menyampaikan bahwa dirinya telah berupaya menciptakan produk pupuk lokal yang berupa pupuk cair. Dan pupuk ini sudah melalui tahap uji coba di BPTP.

Ia juga berharap apabila pupuk ini telah melewati proses administrasi, dirinya akan mengedarkan pupuk ini ke seluruh Indonesia.

” Alhamdulillah, kami saat ini telah menciptakan pupuk cair, sudah diuji coba di BPTP, dan kalau sudah selesai seluruh administrasinya. Kami akan edarkan di seluruh Indonesia,” ucap Yuriko.

Selain memperhatikan kualitas petani, Yuriko juga ingin mewujudkan program agrowisata khususnya di Desa Bulantala Timur. Dirinya ingin agar masyrakat tidak berfokus pada sektor pertanian saja, tapi juga harus berinovasi sehingga bisa menarik minat wisatawan.

“Di Bulantala Timur ini juga pernah ada wisata perkebunan, itu pernah dibuat namanya lorong labu madu, yang mana, selain bisa menarik wisatawan, juga bisa membuat para petani betah untuk berlama-lama dikebun,”

“Kalau bapak ibu petani betah di kebun, sudah pasti mereka akan sangat memperhatikan dengan teliti kualitas tanaman yang mereka tanam,” ujar Yuriko.

Diakhir dialog bersama masyarakat, Yuriko berkesempatan membagikan puluhan AL-Qur’an kepada masyarakat Desa Bulontala Timur sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat yang dikunjunginya.

“Selain memikirkan tentang pertanian, saya berharap juga masyarakat Desa Bulontala Timur ini bisa mengingat tuhan dengan sedikit membaca Al-Qur’an ini,” Yuriko diakhir kegiatan resesnya.

Artikel ini telah dibaca 32 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Jelang Lebaran, Kehumasan DPRD Gelar Silaturahmi dengan Sejumlah Jurnalis Media Mitra DPRD

5 April 2024 - 22:33 WITA

Pembangunan Jembatan Buti Menuai Kritikan dari Anggota Komisi 3: Ini Penyebabnya!

5 April 2024 - 15:47 WITA

Wakili Unsur Pimpinan DPRD, Siti Nur’ain Sompie Ikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Otanaha 2024

4 April 2024 - 03:56 WITA

Dharma Wanita Sekretariat Deprov Gorontalo Bagi Sembako ke Petugas Kebersihan.

1 April 2024 - 12:40 WITA

Komisi 1 Evaluasi Kinerja KPU dan Bawaslu Pasca Pemilu: Bawaslu Lombo!

30 Maret 2024 - 04:11 WITA

Lauching Tahapan Pilkada Bakal Digelar 31 Maret: Petugasnya Orang Lama?

30 Maret 2024 - 04:09 WITA

Trending di DPRD Provinsi Gorontalo