Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
DaerahDPRD Provinsi GorontaloNasionalNews

Kurangi Angka Kemiskinan: FKJP Gorontalo Akan Giatkan Kembali Program Magang, Dalam dan Luar Negeri

183
×

Kurangi Angka Kemiskinan: FKJP Gorontalo Akan Giatkan Kembali Program Magang, Dalam dan Luar Negeri

Sebarkan artikel ini
FKJP Gorontalo

WINNET.ID – Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan (FKJP) Gorontalo, Akan Giatkan Kembali Program Magang, dalam dan luar negeri.



Gorontalo, 28  Juni 2023 – Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan (FKJP), dipimpin ketua FKJP Provinsi Gorontalo, I Wayan Sudiarta, baru-baru ini mengadakan rapat, dalam rangka membahas penggiatan kembali program magang, yang sempat terhenti akibat pandemik Covid 19.

Program magang ini merupakan program Kementrian dan dinas Ketenagakerjaan yang telah berjalan sejak lama, namun terhenti sementara akibat pandemi. Olehnya, menyikapi ini, FKJP Gorontalo menggelar rapat, guna membahas Keberlanjutan program ini.

“Kami FKJP sendiri, memiliki Lembaga Pemagangan yang terdiri dari beberapa perusahaan yang bergerak dalam berbagai sektor, seperti pehotelan, perbankan, otomotif, kuliner, UMKM, dan lain sebagainya.” buka I Wayan Sudiarta, dalam wawancara.

Menyikapi kefakuman program pemagangan ini, FKJP menggelar Rapat forum, untuk membahas rencana program kedepan, sekaligus menggiatkan kembali program pemagangan, mengingat betapa petingnya peran program tersebut, karena dinilai dapat mengurangi angka pengangguran.

Dalam program ini, kata I Wayan, pemerintah memberikan kesempatan magang kepada generasi muda, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Hanya saja, saat ini, pemagangan ke luar negeri, masih dihentikan sementara akibat dampak pandemik baru-baru ini.

Dalam program pemagangan ini, I Wayan menjelaskan, para pemagang akan mendapatkan uang saku sebesar 1 juta rupiah per bulan dengan durasi magang selama 5 bulan.

“Setelah menjalani pemagangan selama 5 bulan, para pemagang diharpakan dapat diangkat menjadi pegawai tetap atau melamar pekerjaan di tempat lain dengan membawa sertifikat yang diperoleh selama pemagangan di Gorontalo.” harap, I Wayan.

FKJP Gorontalo
Ketua FKJP Gorontalo, I Wayan Sudiarta, pimpin rapat Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan, membahas penggiatan kembali program pemagangan, dalam dan luar negeri.

“Untuk magang luar negeri sendiri, Insyaa Allah, setelah sempat terhenti selama tiga tahun akibat pandemik, akan kembali dibuka tahun 2023 ini.” sambung Wayan.

Salah satu misi yang diemban oleh pemagang di luar negeri, khususnya ke Jepang, menurut I Wayan, adalah untuk menambah pengetahuan dan mempelajari serta meniru etos kerja, disiplin, dan semangat kerja orang Jepang.

Selanjutnya, Para pemagang yang kembali dari luar negeri akan diberikan modal usaha dan didorong untuk menjalankan usaha di Gorontalo, sehingga peluang terciptanya lowongan kerja baru akan semakin besar. Langkah ini, kata I Wayan, diharapkan dapat membantu mengentaskan kemiskinan di Provinsi Gorontalo.

Terkait dengan biaya, sebagaimana penjelasan I Wayan, untuk program pemagangan dalam negeri, biaya tinggal dan uang saku ditanggung oleh pemerintah daerah.

“Namun, untuk pemagangan di luar negeri, hanya beberapa biaya yang ditanggung pemerintah daerah, diantaranya, biaya pembuatan paspor, biaya medical check-up, dan biaya penerbangan ke Jawa untuk pendidikan.” ujar I Politisi Partai Golkar ini.

Dengan adanya program pemagangan ini, I Wayan berharap dapat memberikan kesempatan kepada generasi muda di Gorontalo, untuk mengembangkan keterampilan dan meningkatkan peluang kerja.

“Diharapkan pula bahwa program ini dapat mengurangi angka pengangguran dan mengentaskan kemiskinan di Provinsi Gorontalo.” tutupnya. (004/ilam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *