Menu

Mode Gelap

Bikers WITA

HPCI Chpater Gorontalo Kampanyekan “Anti Bunuh Diri”: Stop! Penyebaran konten Bunuh Diri.


					HPCI Chpater Gorontalo Kampanyekan “Anti Bunuh Diri”: Stop! Penyebaran konten Bunuh Diri. Perbesar

Silahkan di Share Yach

winnet.id – Menyikapi Fenomena Kasus Bunuh Diri di Gorontalo, HPCI Chpater Gorontalo Kampanyekan Minta Masyarakat Hentikan Penyebaran konten Bunuh Diri.


Gorontalo, 8 Juli 2023 – Komunitas Motor Honda PCX Club Indonesia (HPCI) Chapter Gorontalo, yang diwakili oleh Sekretarisnya, Muhazir Madina atau akrab dipanggil Om Zimad, mengungkapkan keprihatinan mendalam terhadap meningkatnya jumlah kasus bunuh diri di Gorontalo. Hingga bulan Juli 2023 ini saja, sudah tercatat 17 kejadian tragis tersebut.

Menyikapi masalah yang mendesak ini, Om Zimad mengajak masyarakat Gorontalo untuk mengutamakan dan selalu menjaga kesehatan mental mereka.

“Bunuh diri bukanlah solusi atas masalah apapun. Malah, hal tersebut hanya akan menciptakan aib berkepanjangan dan masalah baru bagi keluarga yang ditinggalkan.” buka Om Zimad, dalam dialog bersama wartawan Winnet.id

Selain itu, Om Zimad juga menghimbau agar masyarakat tidak menyebarkan konten terkait bunuh diri di media sosial. Menurut dia, penyebaran konten negatif semacam itu memiliki konsekuensi negatif bagi mereka yang melihatnya.

“Tidak hanya berpotensi merugikan teman dan keluarga, tetapi secara tidak disengaja akan mendorong seseorang individu yang sedang berjuang dengan masalah hidup dan rasa depresinya, untuk mempertimbangkan untuk bunuh diri.” ujar Om Zimad.

Bunuh diri

Sekretaris HPCI Chapter Gorontalo, Muhazir Madina alias Om Zimad

“Siapa pun, terlepas dari kondisi kejiwaan mereka, rentan mengalami trauma sekunder ketika terpapar dengan adegan bunuh diri yang eksplisit. Paparan berulang terhadap trauma sekunder ini, dapat memiliki efek buruk pada kesehatan mental seseorang, termasuk mengadopsi pola perilaku negatif bunuh diri ini.” sambung Om Zimad.

Menurut Om Zimad, penyebaran konten terkait bunuh diri juga dapat memicu bunuh diri tiruan, atau yang dikenal dengan istilah “efek Werther”. Informasi terperinci tentang bunuh diri, seperti ciri-ciri korban, dugaan penyebab, dan metode yang jelas, dapat mendorong individu yang sedang berjuang dengan depresi, masalah pribadi, atau pemikiran bunuh diri, untuk meniru tindakan tersebut.

“Itulah alasannya, mengapa setelah fenomena tragis bunuh diri seseorang dengan cara tertentu, dan informasinya tersebar luas, seringkali diikuti oleh orang lain dengan cara yang serupa.” ucapnya.

Oleh karena itu, Melalui kampanye anti bunuh diri ini, Komunitas Motor yang dikenal dengan slogannya “enjoy..enjoy..enjoy” ini, mengajak masyarakat untuk bersama-sama menciptakan iklim positif dalam lingkungan sehari-hari.

“Saat situasi hatimu tidak tenang, cari atau ciptakan sendiri lingkungan yang mendukung, yang meningkatkan kesehatan mental. Cari tempat atau orang-orang yang selalu membuatmu enjoy. Dan yang paling penting adalah mencari bantuan saat menghadapi kesulitan.” pungkas Pria murah senyum itu.

“Ingat, hidup Anda berarti sangat berarti bagi orang-orang yang mencintaimu. Jika punya masalah, jangkau bantuan, berbicara, dan mari bersama-sama melawan bunuh diri.” tutupnya, bersemangat. (004/ilam)

Artikel ini telah dibaca 294 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Dharma Wanita Sekretariat Deprov Gorontalo Bagi Sembako ke Petugas Kebersihan.

1 April 2024 - 12:40 WITA

Speed Faster Gorontalo Bagikan 200 Paket Menu Takjil Saat Buka Puasa.

31 Maret 2024 - 13:52 WITA

Kebakaran Hebat Menghanguskan Rumah Sakit Dunda Limboto

11 Maret 2024 - 21:43 WITA

Sambut Ramadhan 1445H/2024 Setwan Deprov Gelar Halal Bi Halal.

8 Maret 2024 - 15:10 WITA

Kidzilla Gorontalo Kembali Hadir dengan New Concept yang Lebih Fresh, Fun, dan Educative

1 Maret 2024 - 15:30 WITA

Ranperda RT/RW disahkan: Membuka Peluang Investasi yang Lebih Luas di Gorontalo!

20 Februari 2024 - 07:00 WITA

Trending di News