Menu

Mode Gelap

News WITA

Bimbingan Teknis Legislatif Sulutgo Expo 2023: Kuatkan Peran Legislatif dalam Pemberantasan Korupsi


					Bimbingan Teknis Legislatif Sulutgo Expo 2023: Kuatkan Peran Legislatif dalam Pemberantasan Korupsi Perbesar

Silahkan di Share Yach

winnet.id – Bimbingan Teknis DPRD Sulawesi Utara-Gorontalo Mengangkat Peranan Legislatif dalam Pemberantasan Korupsi pada Sulutgo Expo 2023.

Gorontalo, 15 Juni 2023 – Dalam upaya meningkatkan peran lembaga legislatif dalam pemberantasan korupsi, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara-Gorontalo, menggelar Bimbingan Teknis sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Legislatif Sulutgo Expo 2023.

Kegiatan yang digelar di Aula rumah dinas Walikota (Banthayo Yiladia) ini, dihadiri oleh seluruh peserta Legislatif Sulutgo Expo, baik pimpinan dan anggota Dewan, serta Sekretariat DPRD se-Sulawesi Utara-Gorontalo.

Bimbingan Teknis

Peserta bimbingan teknis Legislatif Sulutgo Expo 2023, yang terdiri dari Pimpinan dan anggota, serta sekretariat DPRD se-Sulawesi Utara-Gorontalo.

Dengan tema “Peranan Legislatif Dalam Pemberantasan Korupsi”, bimbingan teknis ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan para legislator dalam melaksanakan tugas pengawasan terhadap pelaksanaan pembangunan dan pengelolaan keuangan negara di wilayah mereka.

Sejumlah ahli bidang pemberantasan korupsi didaulat menjadi narasumber, salah satunya adalah Kepala Kejaksaan Tinggi Gorontalo, Purwanto Joko Irianto.

Dalam kesempatan itu, Purwanto memberikan wawasan mengenai strategi dan langkah-langkah pencegahan serta penindakan terhadap tindak korupsi, yang dapat dijalankan oleh DPRD.

Legislatif Sulutgo Expo

Kajati Gorontalo, Purwanto Joko Irianto, saat menyampaikan materi terkait pemberantasan korupsi, dalam rangkaian kegiatan bimbingan teknis Legislatif Sulutgo Expo 2023.

Selain itu, Purwanto juga dalam materinya menyampaikan informasi terkait peran Kejaksaan dalam mengawal proses hukum terkait kasus korupsi, serta memberikan penjelasan mengenai pentingnya audit dalam mengungkapkan indikasi tindak korupsi.

Kepala Kejaksaan Tinggi Gorontalo, Purwanto Joko Irianto, saat diwawancarai usai kegiatan berharap, Bimbingan teknis ini dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran kolektif tentang pentingnya peran legislatif dalam pemberantasan korupsi.

“Dengan pengetahuan yang lebih baik, kami berharap DPRD dapat memberikan kontribusi yang lebih signifikan dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih dan akuntabel.” ujarnya.

Legislatif Sulutgo Expo

Peserta Bimbingan Teknis Legislatif Sulutgo Expo 2023, yang terdiri dari pimpinan dan anggota, serta sekretariat DPRD Sulawesi Utara dan Gorontalo, ber-swafoto bersama Kajati Gorontalo, usai kegiatan.

Dirinya juga berharap, para legislator dapat mengaplikasikan pengetahuan yang didapatkan, dalam menjalankan tugas-tugas anggota DPRD sebagai wakil rakyat, yang memperjuangkan kepentingan masyarakat dan memerangi praktik korupsi.

“Sebagaimana esensinya, Sulutgo Expo 2023 merupakan rangkaian kegiatan yang diadakan oleh DPRD Sulawesi Utara-Gorontalo, dalam rangka memperkuat sinergi antara legislatif, eksekutif, dan masyarakat, termasuk didalamnya meningkatkan peran dalam memberantas praktik Korupsi.” ucap Kajati.

Menurutnya, Bimbingan teknis DPRD ini seharusnya menjadi salah satu langkah nyata dalam membangun integritas dan efektivitas lembaga legislatif, dalam memperkuat peran legislator dalam upaya pemberantasan korupsi.

Ia juga menginginkan kegiatan serupa dapat dilanjutkan dan diperluas, agar semakin banyak wilayah di Indonesia, khususnya di Sulawesi Utara dan Gorontalo, yang memiliki lembaga legislatif yang tangguh dan berperan aktif dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih dan akuntabel. (004/ilam)

Artikel ini telah dibaca 76 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Dharma Wanita Sekretariat Deprov Gorontalo Bagi Sembako ke Petugas Kebersihan.

1 April 2024 - 12:40 WITA

Speed Faster Gorontalo Bagikan 200 Paket Menu Takjil Saat Buka Puasa.

31 Maret 2024 - 13:52 WITA

Kebakaran Hebat Menghanguskan Rumah Sakit Dunda Limboto

11 Maret 2024 - 21:43 WITA

Sambut Ramadhan 1445H/2024 Setwan Deprov Gelar Halal Bi Halal.

8 Maret 2024 - 15:10 WITA

Kidzilla Gorontalo Kembali Hadir dengan New Concept yang Lebih Fresh, Fun, dan Educative

1 Maret 2024 - 15:30 WITA

Ranperda RT/RW disahkan: Membuka Peluang Investasi yang Lebih Luas di Gorontalo!

20 Februari 2024 - 07:00 WITA

Trending di News