Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
News

Legislatif Sulutgo Expo 2023: Jendela Interaksi Masyarakat dengan Legislator

163
×

Legislatif Sulutgo Expo 2023: Jendela Interaksi Masyarakat dengan Legislator

Sebarkan artikel ini

WINNET.ID – Sulutgo Expo 2023 Beri Peluang Masyarakat Berinteraksi Langsung Bersama Anggota Legislatif se-Sulawesi Utara – Gorontalo.

Gorontalo, [14/06/23] – Legislatif Sulutgo Expo 2023, resmi dibuka Walikota Gorontalo. Kegiatan ini rencananya akan berlangsung selama 4 hari, sejak tanggal 14 Juni, hingga 17 Juni 2023, yang berlokasi di Taruna Remaja, Kota Gorontalo.

Legislatif Sulutgo Expo yang digagas direktur eksekutif Domus Politica, Janny Kopalit ini, menjadi ajang silaturahmi antar lembaga Legislatif Provinsi, baik antar pimpinan, anggota, hingga sesama anggota sekretariat DPRD Provinsi Gorontalo dan Provinsi Sulawesi Utara.

Janny dalam kesempatan wawancara menuturkan, kegiatan Legislatif Sulutgo Expo ini, bukan baru pertama kali digelar. Kegiatan ini sudah dilaksanakan 10 kali di Sulawesi Utara.

“Hanya saja, ini menjadi kali pertama Legislatif Sulutgo Expo digelar di Gorontalo. Tepatnya di Kota Gorontalo.” aku Direktur Eksekutif Domus Politica, Janny Kopalit dalam wawancara.

Expo
Ketua Panitia Legislatif Sulutgo Expo 2023, Janny Kopalit, saat diwawancarai usai pembukaan.

Selain membangun kerjasama serta komunikasi antar pemerintah legislatif daerah, tujuan eksistensi Legislatif Sulutgo Expo ini, menurut Janny, adalah membangun komunikasi yang lebih terbuka antara masyarakat dengan legislator, guna membuka wawasan dan pemahaman masyarakat tentang tugas dan cara kerja anggota DPRD.

“Caranya adalah melalui interaksi langsung antara masyarakat dan para anggota legislatif di tiap-tiap stand masing-masing daerah, yang  tersedia. Hal ini memungkinkan masyarakat untuk berdiskusi, bertanya, menyampaikan aspirasi, saran dan masukan, langsung kepada para legislator.” jelas Janny.

Alasan ini juga, kata Janny, mengapa gelaran kali ini digelar ditempat terbuka. Hal ini pula yang membedakan Legislatif Expo tahun ini, dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Lokasinya lebih terbuka dan mudah diakses oleh masyarakat. Tujuan dari pemilihan lokasi ini adalah agar masyarakat memiliki kemudahan untuk mengakses kegiatan ini dan berinteraksi dengan para anggota DPRD tadi. Dulu kita gelarnya di Mall Manado. Sementara, tidak semua masyarakat mau mengakses mall,” ungkap Janny.

Diharapkan, dengan adanya akses yang lebih mudah, partisipasi masyarakat dalam kegiatan ini. Apalagi disini juga tersedia stand-stand UMKM yang bisa dikunjungi masyarakat.” tambahnya.

Expo
Kemeriahan dan keramaian pengunjung pembukaan Legislatif Sulutgo Expo 2023.

Selain manfaat dalam meningkatkan keterlibatan masyarakat, Sulutgo Expo 2023 juga diharapkan dapat memberikan dampak positif pada perekonomian daerah.

Dengan diadakannya event ini, diharapkan dapat meningkatkan pendapatan usaha-usaha lokal. seperti pedagang makanan, souvenir, dan berbagai sektor lainnya.

“Peserta kegiatan ini lebih dari 500 peserta. Nah, peserta itu saat ini menginap di Hotel-hotel yang ada di Kota Gorontalo. Itu artinya PAD lagi buat daerah.” jelas Janny.

“Belum lagi kita punya agenda mengunjungi tempat wisata. Itu menjadi nilai lain lagi untuk peningkatan ekonomi daerah. Hal ini akan membantu meningkatkan ekonomi lokal serta memberikan dampak positif jangka panjang bagi Gorontalo.” tambahnya.

Disinggung tentang menggandeng provinsi lain dalam event tahunan ini, Janny mengungkapkan, dirinya tentu saja sangat berharap event ini dapat berkembang menjadi lebih besar, diikuti oleh seluruh legislator seluruh Provinsi se-Sulawesi.

Expo
Salah satu UMKM yang turut memeriahkan pergelaran Legislatif Sulutgo Expo 2023

“Hanya saja, dalam mencapai itu, tentu saja harus melalui proses yang bertahap. Ibarat naik tangga, kita melangkah satu persatu anak tangga.” ujarnya.

“Tadi juga saat acara pembukaan, dihadiri oleh beberapa anggota DPRD Kabupaten Buol, mereka juga memberikan respon positif dari mereka. Itu menjadi isyarat, bahwa bukan tidak mungkin, kedepan kita akan menggandeng Sulawesi Tengah dalam event ini. Jadi kedepan mungkin bukan Legislatif Sulutgo lagi, tapi Legislatif Sulutenggo Expo.” Sambungnya.

Dengan Kolaborasi yang semakin besar, menurut Janny, tidak menjadi mustahil Legislatif Expo ini bisa menjadi event yang lebih besar, serta melibatkan lebih banyak pihak di Pulau Sulawesi.

Janny berkomitmen untuk meningkatkan dan memperluas event legislatif Expo menuju skala yang lebih besar, agar dapat memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat di tingkat regional.

“Dengan kerjasama yang semakin meluas, Legislatif Expo diharapkan dapat menjadi event yang lebih besar dan memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat dan pemerintah daerah, yang menjadi tuan rumah, kedepan.” tutupnya. (004/ilam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *