Menu

Mode Gelap

Daerah WITA

Reses Hari Ketiga, Fadli Hasan Salurkan Bantuan Modal Usaha Kepada Warga Hutuo, Limboto


					Reses Hari Ketiga, Fadli Hasan Salurkan Bantuan Modal Usaha Kepada Warga Hutuo, Limboto Perbesar

Silahkan di Share Yach

winnet.id – RESES HARI KETIGA, FADLI HASAN SALURKAN BANTUAN MODAL USAHA DAN MOTOR SAMPAH KEPADA WARGA KELURAHAN HUTUO.

Limboto, 16 Juni 2023 – Anggota DPRD Provinsi Gorontalo, Fadli Hasan, gelar reses masa sidang ketiga Tahun Anggaran 2022-2023, di Kelurahan Hutuo, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo.

Dalam reses ini, Fadli Hasan memberikan bantuan modal usaha dalam bentuk bahan pangan kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang telah mengajukan proposal.

Bantuan modal usaha ini diberikan sebagai stimulus pemulihan ekonomi pasca dampak pandemi Covid-19. Bantuan berupa bahan baku ini diharapkan dapat membantu UMKM untuk mengembangkan usaha masyarakat.

“Kami tidak memberikan modal dalam bentuk uang, tetapi bahan baku. Bantuan yang diberikan jika dirupiahkan, setiap penerima menerima bantuan sekitar 2 juta rupiah.” buka Fadli dalam wawancara.

Terdapat 100 penerima bantuan modal usaha tersebut, yang berasal dari beberapa desa di Kabupaten Gorontalo. Diantaranya warga Desa Tenggela, Yosonegoro, Pentadio, dan beberapa desa sekitarnya.

Reses

Bantuan Modal usaha, berupa bahan baku, yang disalurkan Fadli Hasan, disela-sela rangkaian resesnya.

“Animo masyarakat yang menerima tambahan modal usaha ini, sangat luar biasa. Kami berharap, bantuan ini dapat membangkitkan kembali sektor ekonomi produktif, dan menjadi pendorong semangat bagi masyarakat untuk bangkit setelah dampak pandemi Covid-19.” ujarnya Politisi Partai PAN tersebut.

Selain bantuan modal usaha untuk UMKM, berkembang pula aspirasi masyarakat tentang bantuan modal usaha kepada pelaku Industri, seperti perbengkelan dan warung kopi (warkop) untuk anak-anak muda milenial.

Menanggapi itu, Fadli menjelaskan, saat ini hanya industri yang bergerak dalam bidang produksi, yang memenuhi kriteria yang diatur dalam nomenklatur, yang bisa diakomodir dalam memperoleh bantuan modal usaha.

“Industri-industri seperti pembuatan kue, bengkel las, mebel, dan sejenisnya dianggap memenuhi syarat. Namun, industri yang bergerak dalam bidang jasa, seperti bengkel tampal ban, tidak termasuk dalam nomenklatur bantuan modal usaha untuk industri.” jelas Fadli.

Meski demikian, pihaknya akan tetap berkoordinasi dengan dinas terkait untuk menelaah program bantuan modal usaha untuk jenis usaha seperti bengkel konvensional ini.

“Untuk usaha warung kopi (warkop) ini, jujur kami sangat mengsupport. Hanya saja, kami belum dapat memastikan apakah dapat dicover melalui program bantuan industri tadi. Nanti kami akan komunikasikan juga hal ini dengan dinas terkait.” terang Fadli.

Reses

Politisi Senior, Zainudin Hasan, turut hadir dan menyampaikan sambutan dalam rangkaian reses Fadli Hasan, yang digelar di Kelurahan Hutuo, Limboto.

“Semoga dalam perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun ini, industri-industri yang diminati kaum melenial ini dapat terakomodir, baik dalam bentuk bantuan modal usaha maupun peralatan. Kita lihat nanti hasilnya kedepan.” sambungnya.

Terakhir, dalam wawancara, Fadli Hasan mengungkapkan rencananya dalam waktu dekat ini, yang akan menyerahkan bantuan motor sampah kepada pemerintah Kelurahan Hutuo.

“Dalam kelurahan ini terdapat setidaknya 17 perumahan yang membutuhkan armada tambahan untuk mengatasi persoalan sampah. Olehnya, dalam waktu dekat ini, kami akan menyerahkan satu unit Motor bak Viar, sebagai langkah awal untuk meminimalisir penumpukan sampah di perumahan-perumahan tersebut.

Fadli Hasan menyadari bahwa kebutuhan akan armada sampah itu akan terus bertambah seiring pertumbuhan populasi. Oleh sebab itu, dia berjanji akan menganggarkan penambahan armada tersebut dalam APBD, jika memang diperlukan.

Dengan adanya reses ini, Fadli Hasan menunjukkan komitmennya dalam mendukung perekonomian lokal dan penanganan masalah lingkungan di wilayahnya. Dia berharap, bantuan tersebut dapat memberikan dampak positif dan mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah  Kabupaten Gorontalo. (004/ilam)

Artikel ini telah dibaca 109 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Komisi 1 DPRD Pantau Kondisi Kamtibmas Pasca Pemilu 2024, Fikram: Tidak Ada Peristiwa Krusial!

21 Februari 2024 - 11:00 WITA

Paris RA Jusuf Tekankan Pentingnya Konsistensi dan Efisiensi dalam RKPD Gorontalo Tahun 2025

20 Februari 2024 - 17:36 WITA

Komisi 4 DPRD Warning Peredaran Skincare Ilegal di Gorontalo!

20 Februari 2024 - 14:28 WITA

Ada Ketidaksetaraan dalam Pemilihan Usaha yang Didukung Pemerintah: ini Penjelasan dari Ketua Komisi II

20 Februari 2024 - 07:00 WITA

Pokir Anggota DPRD Gorontalo Telah Paripurnakan! Tinggal Proses Penyelarasan Bersama TAPD

20 Februari 2024 - 07:00 WITA

DPRD Gorontalo Sahkan Ranperda RT/RW: Bangun Tata Ruang Berkelanjutan dan Pangan Mandiri

19 Februari 2024 - 19:18 WITA

Trending di DPRD Provinsi Gorontalo