Menu

Mode Gelap

Daerah WITA

Resiko Jalan Kaki Saat Main HP


					Resiko Jalan Kaki Saat Main HP Perbesar

Silahkan di Share Yach

winnet.id Health – Terkadang kita merasa bosan saat berjalan kaki dan ingin mengisi waktu dengan memainkan ponsel. Namun,Resiko jalan kaki saat main HP, kebiasaan ini sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kecelakaan yang membahayakan diri sendiri dan orang lain. Menurut Halodoc, penggunaan handphone atau gadget saat berjalan membuat pandangan mata akan lebih fokus pada layar handphone. Kondisi ini membuat kamu abai dengan kondisi sekitar. Selain itu, kebiasaan buruk ini juga dapat merusak konsentrasi dan memicu kecelakaan yang membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Menurut DokterSehat, kebiasaan memainkan ponsel sambil berjalan juga membuat kita lebih rentan terkena kecelakaan seperti tersandung, terpeleset, menabrak, atau bahkan ditabrak kendaraan bermotor akibat kita yang tidak berkonsentrasi lagi saat berjalan. Selain itu, kebiasaan ini juga dapat menyebabkan sakit leher dan sakit punggung.

Sebuah penelitian dalam jurnal Injury Prevention juga mengatakan hal serupa. Kelompok orang yang bermain gadget (mengetik atau menatap layar) sambil berjalan lebih berisiko mengalami kecelakaan dibandingkan orang yang mendengarkan musik atau menelpon melalui handphone 1. Oleh karena itu, sebaiknya hindari kebiasaan bermain gadget atau menatap layar handphone terlalu lama saat sedang berjalan.

Untuk menghindari kebiasaan buruk ini, kamu bisa meningkatkan pengendalian diri dan rasa waspada terhadap lingkungan sekitar. Menurut Melanie Greenberg, psikolog dan penulis “The Stress Proof Brain”, kamu bisa bertanya kepada diri sendiri mengenai seberapa penting informasi yang terdapat dalam gadget serta menyadari bahaya penggunaan gadget saat berkegiatan 1. Ingatlah bahwa keselamatanmu dan orang lain lebih penting daripada gadgetmu.(***)

Artikel ini telah dibaca 38 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Buka Bersama DPD PJS Gorontalo, Ketua: Jang Tako, Pukul!

6 April 2024 - 20:48 WITA

Malam Puncak Festival Ramadhan Pegadaian: Akan Dimeriahkan oleh Penampilan Istimewa, Wizz Baker

6 April 2024 - 03:26 WITA

Festival Ramadhan Pegadaian di Gorontalo: Berkah Bagi UMKM di Bulan Suci!

6 April 2024 - 03:05 WITA

Merangsang Hubungan Kemitraan, Kejati Gorontalo Gelar Bukber Dengan Sejumlah Jurnalis Media Massa

5 April 2024 - 04:47 WITA

Dukung UMKM Gorontalo, Pegadaian Tawarkan KUR Dengan Suku Bunga Ringan: 3% pertahun!

5 April 2024 - 04:07 WITA

Gelar Festival Ramadhan, Pegadaian Gandeng UMKM Gorontalo

5 April 2024 - 03:13 WITA

Trending di Nasional