Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Bolmong UtaraDaerahDPRD Provinsi GorontaloSeputar Parlemen

Bolaang Mongondow Raya dan Minahasa, Siap Jadi Tuan Rumah Legislatif Sulutgo Expo 2024

290
×

Bolaang Mongondow Raya dan Minahasa, Siap Jadi Tuan Rumah Legislatif Sulutgo Expo 2024

Sebarkan artikel ini

WINNET.ID – Legislatif Sulutgo Expo 2023 Ditutup, DPRD Kota Bitung Raih Juara Umum. Bolaang Mongondow Raya dan Minahasa, Siap Jadi Tuan Rumah Selanjutnya.

Gorontalo, 17 Juni 2023 – Penutupan Legislatif Sulutgo Expo 2023 menjadi momen yang meriah dan sukses di Kota Gorontalo. Acara yang dihadiri oleh berbagai delegasi dan peserta dari berbagai daerah di Sulawesi Utara Gorontalo itu, ditutup secara resmi oleh Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, Paris R.A Jusuf.

Juara umum dalam kompetisi ini berhasil diraih oleh DPRD Kota Bitung, yang berhasil mencatatkan prestasi gemilang sepanjang acara berlangsung.

Direktur Eksekutif Domus Politica, sekaligus Ketua panitia, Janny J. Kopalit, saat diwawancarai, menyampaikan beberapa penyampaian apresiatif terhadap DPRD Kota Gorontalo pemda Kota Gorontalo, yang telah mendukung penuh kegiatan ini, sehingga berlangsung aman dan sukses.

Legislatif Sulutgo Expo
Direktur eksekutif Domus Politica, Janny J. Kopalit, saat diwawancarai usai penutupan legislatif Sulutgo Expo 2023.

“Kami sagat puas dan senang bisa diterima disini. Demikian pula apresiasi dan rasa senang yang dirasakan oleh peserta dan delegasi lainnya, atas keramahan dan penerimaan DPRD Kota Gorontalo, khususnya Pemerintah daerah Kota Gorontalo.” ucap Janny dalam wawancara.

Tidak lupa, Janny juga mengungkapkan apresiasi dan rasa terima kasih kepada ketua DPRD Provinsi Gorontalo, Paris R.A Jusuf, atas dukungan dan kehadirannya selama kegiatan berlangsung, meski dalam situasi padatnya aktivitas ketua DPRD Provinsi Gorontalo tersebut.

“Padahal saat pelaksanaan kegiatan, pak ketua sedang dalam situasi reses. Meski lelah, beliau tetap meluangkan waktu untuk menghadiri serangkaian kegiatan yang ada. Kami sangat tersanjung dan senang dengan sambutan pak ketua terhadap kegiatan ini.” ujar Janny.

Disinggung rencana pelaksanaan kegiatan mendatang, Janny menjelaskan, terdapat dua tempat yang menjadi pertimbangan serius oleh pihak panitia. Diantaranya Kabupaten Bolaang Mongondow Raya dan Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.

Meskipun usulan ini sudah mendapatkan restu dari tiap-tiap pimpinan DPRD, Janny mengaku masih akan berkonsultasi dan berdiskusi dengan pihak terkait, mengenai waktu pelaksanaannya.

“Apakah sebelum, atau sesudah Pemilihan Legislatif (Pileg), yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada bulan Februari.” jelas Janny.

Legislatif Sulutgo Expo
Direktur eksekutif Domus Politica, Janny J. Kopalit, menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba Sekretariat DPRD terbaik.

“Kalau memang berdekatan dengan pemilu,  tentunya kita harus berkonsultasi lagi dengan pihak kepolisian, Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Itu juga menjadi bagian dari persiapan yang harus dilakukan.” sambungnya.

Meski secara tegas Janny mengungkapkan bahwa kegiatan Legislatif Sulutgo Expo ini tidak ada yang menonjolkan partai atau melakukan kampanye politik. Namun tentunya tetap harus melalui persetujuan dan pertimbangan pihak-pihak yang terkait, guna meminimalisir resiko yang terjadi.

“Secara garis besar, kegiatan ini bukan kegiatan politik. Tapi, pesertanya adalah anggota DPRD yang tentu saja berasal dari partai Politik. Sehingga ini juga harus menjadi pertimbangan yang harus dikonsultasikan dengan pihak-pihak terkait.” ungkapnya.

Dikonfirmasi terkait persyaratan untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan Legislatif Sulutgo Expo, Janny menjelaskan, bahwa Keberhasilan pelaksanaan kegiatan ini sangat bergantung pada kesiapan DPRD dan pemerintah daerah tuan rumah.

Legislatif Sulutgo Expo
Direktur eksekutif Domus Politica, Janny J. Kopalit, menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba Pidato Politik.

Kata Janny, tidak ada persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh pemerintah daerah. Asalkan mereka mampu mengakomodir kegiatan tersebut, dirasa cukup oleh pihak panitia.

“Kota Gorontalo menjadi contoh yang baik dalam merespons positif kegiatan ini, dengan memberikan izin, pengamanan, dan menyiapkan tempat yang strategis, saya rasa cukup bagi kami” tutur Janny.

Janny berharap, dalam waktu dekat ini, setelah berkonsultasi dengan pihak terkait, pihaknya segera mendapatkan kepastian mengenai tempat pelaksanaan Legislatif Sulutgo Expo 2024, mendatang.

“Intinya, kita semua berharap, event Legislatif Sulutgo Expo ini dapat terus berjalan sukses dan memberikan manfaat yang besar bagi pengembangan politik dan demokrasi di Sulawesi Utara dan Gorontalo.” tutup Janny. (004/ilam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *