Menu

Mode Gelap

Nasional WITA

Festival Ramadhan Pegadaian di Gorontalo: Berkah Bagi UMKM di Bulan Suci!


					Festival Ramadhan Pegadaian di Gorontalo: Berkah Bagi UMKM di Bulan Suci! Perbesar

Silahkan di Share Yach

winnet.id GorontaloPelaksanaan Festival Ramadhan Pegadaian yang diselenggarakan oleh PT. Pegadaian Kantor Wilayah 5 Manado sukses memberikan dampak positif bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Gorontalo. Hal ini sebagaimana diakui oleh Dewi Mustapa, salah satu pelaku UMKM yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

Festival yang berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 4 hingga 6 Maret 2024, dipusatkan di Taman Taruna Remaja Kota Gorontalo. Acara tersebut akan mencapai puncaknya pada tanggal 6 Maret dengan penampilan artis Indonesia Timur yang populer lewat lagu “Rindu Rumah”, Wizz Baker.

Dalam wawancara, Dewi Mustapa, pemilik usaha Ummi Decho Home Made, menyatakan kegembiraannya atas partisipasinya dalam event khusus Ramadhan ini. Ia mengakui bahwa ini bukan kali pertama usahanya terlibat dalam kegiatan serupa.

Baca juga: Gelar Festival Ramadhan, Pegadaian Gandeng 30 UMKM Gorontalo

“Kami selalu digandeng Pegadaian untuk kegiatan-kegiatan seperti ini. Sebelumnya, sekitar 2 tahun lalu kami juga dilibatkan,” ujar Dewi kepada wartawan.

Meskipun pada hari pertama festival, Dewi mengakui bahwa masih sepi pengunjung, namun ia tetap optimis bahwa jumlah pengunjung akan meningkat pada hari-hari berikutnya, terutama menjelang malam puncak dengan penampilan artis.

Ramadhan

Booth-booth UMKM yang dilibatkan dalam event Festival Ramadhan Pegadaian, tertata rapi di Taman Taruna Remaja, Kota Gorontalo.

“Untuk hari ini kan masih pembukaan, jadi masih sepi pengunjung. Mungkin karena masih belum banyak yang tahu. Tapi besok pasti ramai. Apalagi malam puncaknya akan ada artis kan,” tambahnya.

Dewi juga menyatakan bahwa usahanya yang bergerak dibidang Kuliner tersebut, termasuk dalam binaan PT. Pegadaian dan mendapat banyak manfaat dari kerjasama tersebut. Dengan keanggotaanya itu, ia dapat mengikuti berbagai kegiatan sosialisasi dan pelatihan yang diselenggarakan oleh Pegadaian. Selain itu, program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga ringan juga memberikan manfaat besar bagi para pelaku UMKM seperti dirinya.

Baca juga: Dukung UMKM Gorontalo, Pegadaian Tawarkan KUR Dengan Suku Bunga Ringan: 3% pertahun!

“Meskipun saya pribadi belum memanfaatkan fasilitas pinjaman KUR Pegadaian karena memang belum terlau butuh, namun berbagai program lain seperti pelatihan dan sosialisasi terkait peningkatan usaha, selalu saya ikuti dan dilibatkan,” ungkapnya.

“Dengan adanya berbagai program ini, saya merasa sangat terbantu. Pegadaian memberikan dukungan yang signifikan bagi perkembangan usaha kami, terutama dalam mendukung UMKM di daerah ini,” tutup Dewi.

Dari sini terlihat bahwa Festival Ramadhan Pegadaian tidak hanya menjadi ajang hiburan, tetapi juga menjadi wadah yang memperkuat kemitraan antara Pegadaian dengan para pelaku UMKM, serta memberikan manfaat yang nyata bagi pengembangan bisnis lokal di Kota Gorontalo.

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

32 Mahasiswa Terapi Gigi UNUGo Antusias Mengikuti PKL di Manado: Panpel Tidak Disiplin Waktu!

19 Mei 2024 - 01:41 WITA

Oknum Kader Nasdem Perlihatkan Arogansinya Provokasi Masa saat Demo Dugaan Pelecehan Profesi Jurnalis

16 Mei 2024 - 09:31 WITA

Pansus Temukan Banyak Aset Daerah Yang Belum Tercatat di KIB Daerah!

15 Mei 2024 - 12:39 WITA

Komisi 4 Desak SMA Wirabakti Meninggalkan Pola Asuh Militer

14 Mei 2024 - 15:54 WITA

DPRD Provinsi Gorontalo Siap Bantu Kegiatan Keagamaan Warga Kayubulan Limboto!

13 Mei 2024 - 00:53 WITA

Cepat atau Lambat Pencairan Beasiswa, Bergantung pada Jabatan PJ. Gubernur!

13 Mei 2024 - 00:18 WITA

Trending di Daerah