Menu

Mode Gelap

Daerah WITA

Sandiaga Uno : Ingin Geopark Gorontalo masuk Kategori Nasional ? Jangan “tutuhiya”.


					Sandiaga Uno : Ingin Geopark Gorontalo masuk Kategori Nasional ? Jangan “tutuhiya”. Perbesar

Silahkan di Share Yach

winnet.id – Bertempat diBallroom Hotel Damhil Kota Gorontalo, Dialog Nasional Pembangunan Berkelanjutan dengan tema Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menuju Gorontalo Geopark Nasional resmi dibuka oleh Ketua Kadin Provinsi Gorontalo, Muhalim DJ Litty, Sabtu (06/11/2021).

Pada momen dialog tersebut, turut dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno sekaligus merupakan keynote speaker.

Sandiaga Salahudin Uno dalam sambutannya mengungkapkan  apresiasi kadin Provinsi Gorontalo yang telah mengagas acara ini implementasinya kedepannya dan sekaligus memberikan kesempatan untuk membuka lapangan pekerjaan .

Sebagai putra daerah kita harus memberikan yang terbaik kepada provinsi dan masyarakat Gorontalo. Kita harus bersama-sama  bergandengan tangan untuk mewujudkan agenda pembangunan Gorontalo sehingga Gorontalo bisa menjadi provinsi yang maju sejahtera adil dan makmur.

“Saya meyakini bahwa dalam mengembangkan geowisata kita semua harus all out dan padu padannya itu adalah ekonomi kreatif. Karena Indonesia menjadi jumlah terbesar di ASEAN untuk UNESCO Global Geopark dan akan sangat membanggakan lagi jika Gorontalo bisa termasuk didalamnya,” ungkap Sandiaga.

“Geopark bukan hanya destinasi tetapi merupakan konsep manajemen pengembangan kawasan yang memberikan pengaruh penting berskala regional terhadap konservasi, edukasi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kesejahteraan masyarakat sendiri akan bisa meningkat dengan adanya ekowisata, wisata budaya dan kegiatan ekonomi kreatif,” tambahnya.

Beberapa regulasi telah dikeluarkan yang salah satunya adalah PERPRES NO. 9 Tahun 2019  tentang pengembangan geopark nasional termasuk tindak lanjutnya. Kementerian Pariwisata dan ekonomi kreatiaf (KEMENPAREKRAF) juga telah melakukan penelaahan dan menerbitkan PERMEN NO. 2 Tahun 2020 tentang pedoman teknis pengembangan geopark sebagai destinasi pariwisata.

“Kemenparekraf akan all out untuk mendukung usulan Gorontalo menjadi geopark nasional melalui pengembangan geowisata dan wisata alam lainnya. Lingkungan geopark akan terimplemntasikan dengan baik tentunya dengan ada peran dan kerjasama forkopimda dan berbagai stakeholder lainnya yang bukan hanya pemerintah dan institusi pendidikan namun termasuk juga masyarakat, para pengusaha dan media yang harus mendukung agar semuanya terlaksana dengan baik,” jelasnya

Sandiaga mengatakan  kuncinya adalah 3C yaitu  pertama adalah comitmen, compotence dan champion. Dengan adanya comitmen kita bisa menjadi geopark nasional, compotense kita harus tahu dan mampu berperilaku untuk mewujudkan geopark tersebut dan champion kita harus bisa keluar menjadi geopark nasional. “Saya yakin selama kita tidak tutuhiya maka geopark akan maju” imbuhnya.

Untuk mengembangkan geopark secara terukur, badan pengelola geopark Gorontalo harus dapat menuangkan kedalam master plan yang dapat dipahami dan didukung bersama untuk merangkum ide nyata dan menerapkan  strategi berkelanjutan secara inovatif yang terintegrasi dan menghormati tradisi dan kearifan masyarakat lokal. Inovasi, adaptasi dan kolaborasi adalah senjata utama untuk membangkitkan pariwisata dengan mewujudkan geopark nasional.

”Mari kita semua dorong pengembangan geopark nasional dan jadikan pesona Gorontalo semakin dikenal di dunia”, tutupnya

Pewarta : ZHUN

Editor    : Septiana.

Artikel ini telah dibaca 59 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Pelaksanaan Pemilu 2024: Ketua Deprov Gorontalo Apresiasi atas antusiasme masyarakat Gunakan hak pilihnya.

14 Februari 2024 - 10:34 WITA

Pemilih Khusus, Kajati Purwanto dan Waka Sutikno Gunakan Hak Pilih di TPS 5 Toto Selatan

14 Februari 2024 - 10:26 WITA

Pemilu 2024, Paris Jusuf Gunakan Hak Pilihnya di TPS 02

14 Februari 2024 - 10:02 WITA

Komal Tiktok, Ini Pesan Family Nusantara

11 Februari 2024 - 01:14 WITA

Trader Cerdas Indonesia: Solusi Terbaru dalam Trading Online

7 Februari 2024 - 07:00 WITA

Pegadaian Bersinar dengan Laba Bersih 4,38 Triliun Rupiah pada Tahun 2023

6 Februari 2024 - 19:18 WITA

Trending di Nasional