Menu

Mode Gelap

Daerah WITA

Meski Minim Persiapan, Meyke Camaru Tetap Tampil Apik Hingga Sabet Juara 1 Lomba Pidato Politik


					Meski Minim Persiapan, Meyke Camaru Tetap Tampil Apik Hingga Sabet Juara 1 Lomba Pidato Politik Perbesar

Silahkan di Share Yach

winnet.id – Anggota DPRD Provinsi Gorontalo, Meyke Camaru, Mengungguli Pesaing Terberatnya dalam ajang Lomba Pidato Politik, Legislatif Sulutgo Expo 2023.

Provinsi Gorontalo, 17 Juni 2023 – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Gorontalo, Meyke Camaru, raih kemenangan gemilang dalam ajang Legislatif Sulutgo Expo 2023 yang diadakan baru-baru ini.

Politisi Partai Golkar itu berhasil menumbangkan pesaing terberatnya, utusan Kapulauan Talaud dan Bolaang Mongondow Utara, yang menduduki peringkat kedua dan ketiga, dalam lomba pidato politik yang bertemakan “Peran Legislatif dalam Pemberantasan Korupsi”, tersebut.

Meyke Camaru

Meyke saat menerima simbolis hadiah dari direktur eksekutif Domus Politica, Janny J. Kopalit.

Meyke Camaru, dalam kesempatan wawancara mengaku sangat bersyukur dan menyampaikan kegembiraannya atas pencapaian ini. Dalam pernyataannya, Meyke mengungkapkan bahwa waktu persiapan yang terbatas, menjadi tantangan tersendiri baginya.

“Lomba pidato ini bertepatan dengan kegiatan reses yang sedang berlangsung bagi Anggota DPRD Provinsi Gorontalo saat ini. Jadi saya hanya memiliki waktu persiapan dan latihan yang kurang dari 24 jam.” ungkap Meyke, kepada wartawan.

Namun, jika melihat sepak terjang Meyke yang dikenal sebagai salah satu orator perempuan yang handal ditambah pengalaman sebagai seorang sarjana Hukum, maka tidak heran jika keterbatasan waktu, bukanlah perkara yang sulit baginya.

“Saya merasa puas dan percaya diri saat menyampaikan muatan pidato saya. Sebab persoalan korupsi bukanlah sesuatu hal pertama kali saya bahas dalam pidato maupun dialog selama menjabat sebagai seorang anggota DPRD. Apalagi saya berlatar belakang sarjana hukum dan duduk di Komisi 1, yang juga membawahi persoalan hukum di DPRD.” ujar Meyke, dengan penuh keyakinan.

Salah satu inti dari isi pidato politik Meyke adalah pentingnya peran lembaga legislatif dalam memberantas korupsi.

Menurut Meyke, DPRD memiliki tiga fungsi utama, yaitu legislasi, budgeting, dan controlling. Melalui 3 fungsi ini, Meyke berharap, DPRD dapat menutup semua celah diberbagai sektor, agar peluang dan potensi tindak pidana korupsi, tidak terbuka.

Meyke Camaru

Anggota Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo, Meyke Camaru, ber-swafoto bersama jajaran staf sekretariat DPRD Provinsi Gorontalo, usai sabet juara 1 lomba pidato politik, dalam ajang Legislatif Sulutgo Expo 2023.

“Melalui fungsi legislasi, kami DPRD berupaya menutup cela yang dapat memicu potensi tindak pidana korupsi melalui undang-undang. Dalam fungsi Budgeting, kami (DPRD) dituntut untuk mempertimbangkan dan memastikan anggaran sesuai dengan kebutuhan, guna meminimalisir peluang-peluang yang memicu korupsi,” jelas Meyke.

“Sementara dalam fungsi controlling, kami di DPRD dituntut untuk dapat mengontrol dan mengawasi setiap kegiatan realisasi kebijakan yang ditetapkan, guna memastikan kebijakan tersebut terbebas dari potensi-potensi tindak pidana korupsi.” sambungnya.

Tidak lupa, Meyke dalam pidatonya juga menekankan bahwa DPRD bukanlah satu-satunya lembaga pengawasan yang memiliki peran penting dalam memberantas korupsi. Menurut dia, terdapat beberapa Lembaga resmi yang memang memiliki kompetensi dan lebih khusus menangani persoalan korupsi, seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kejaksaan Tinggi.

“Meski demikian, DPRD diharapkan dapat seirama dengan lembaga-lembaga hukum lainnya, dengan memberikan kontribusi melalui tiga fungsi yang dimiliki DPRD dalam upaya pemberantasan korupsi. Dengan demikian, DPRD dapat berperan aktif dan memberikan kontribusi yang terukur demi pemberantasan korupsi.

Kemenangan Meyke Camaru dalam Lomba Pidato Politik di ajang Legislatif Sulutgo Expo 2023 ini, menjadi bukti nyata dan komitmen anggota DPRD Provinsi Gorontalo dalam memerangi korupsi. Diharapkan, upaya Meyke dan anggota DPRD lainnya dapat menginspirasi generasi muda serta masyarakat luas, untuk ikut berperan aktif dalam menjaga integritas dan transparansi di sektor publik. (004/ilam)

Artikel ini telah dibaca 238 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Meyke Camaru: DPRD Provinsi Gorontalo Siap Dukung Pilkada Tahun 2024

18 April 2024 - 23:18 WITA

Walikota Gorontalo Pastikan Hadir: (Simbolis) Launching Produk Jullie Beauty Care

18 April 2024 - 17:03 WITA

Kejati Gorontalo Kembali Tetapkan Mantan Bupati Bone Bolango Sebagai Tersangka Kasus Korupsi Dana Bansos

17 April 2024 - 15:46 WITA

WAR! Special Ketupat, Tiket Konser Judika: Hanya 98 Ribu!

15 April 2024 - 05:00 WITA

Buka Bersama DPD PJS Gorontalo, Ketua: Jang Tako, Pukul!

6 April 2024 - 20:48 WITA

Jelang Lebaran, Kehumasan DPRD Gelar Silaturahmi dengan Sejumlah Jurnalis Media Mitra DPRD

5 April 2024 - 22:33 WITA

Trending di DPRD Provinsi Gorontalo