Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
DaerahNasionalProvinsi Gorontalo

Tajuk! Pengabdian Masyarakat: Desa Tolinggula Tengah, Ramah Mahasiswa “Pengabdi”

193
×

Tajuk! Pengabdian Masyarakat: Desa Tolinggula Tengah, Ramah Mahasiswa “Pengabdi”

Sebarkan artikel ini

Penulis: Alim Paki


Winnet.id, Provinsi Gorontalo Setelah Universitas Negeri Gorontalo (UNG) yang baru-baru ini menyelesaikan Kuliah Kerja Nyata (KKN), kini sejumlah institusi pendidikan lain di Gorontalo, turut melaksanakan kegiatan serupa, disejumlah kabupaten di Provinsi Gorontalo.

Institut Agama Islam (IAIN) Sultan Amai Gorontalo, misalnya, melaksanakan Kuliah Kerja Sosial Tematik (KKST) di Kabupaten Bone Bolango. Sementara Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGo) menggelar Kuliah Kerja Dakwah (KKD) di Kabupaten Gorontalo Utara.

Berbicara kegiatan praktek kerja lapangan oleh mahasiswa akhir studi ini, tentu saja banyak hal dapat dibahas. Sebab, kegiatan ini memberikan beragam pengalaman yang berharga bagi mahasiswa.

Tolinggula Tengah
Kenangan penulis (tengah), bersama anggota Karang Taruna Desa Tolinggula, Erick Lamake (kanan layar), dan Alvin Saka (kiri layar).

Saya sendiri sebagai penulis tajuk ini merupakan salah satu mahasiswa yang sebelumnya pernah merasakan pengalaman positif selama mengikuti kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Pengalaman berharga itu terkait dengan rangkaian kegiatan KKST yang saya ikuti di Desa Tolinggula Tengah, Kabupaten Gorontalo Utara pada tahun 2019.

Baca juga: Momentum Hari Bhakti Adhyaksa ke-63: Kajari Gorontalo Utara Resmi Buka Pekan Olahraga (POR) HBA 2023.

Perlu diakui bahwa keberhasilan pengabdian ini tidak terlepas dari peran penting yang dimainkan oleh Karang Taruna Desa Tolinggula Tengah dalam setiap kegiatan mahasiswa KKST di desa tersebut.

Selain itu, perhatian dan perlindungan keamanan yang diberikan oleh remaja Karang Taruna desa ini selama pelaksanaan KKST, perlu diakui sangatlah besar. Sehingga tidak heran jika hingga saat ini, hubungan yang terjalin sejak awal KKST masih terasa sangat erat. Komunikasi antara mahasiswa, termasuk saya sebagai penulis, dengan sejumlah anggota Karang Taruna masih tetap berjalan baik, hingga saat ini.

Tolinggula Tengah
Mahasiswa IAIN Gorontalo bersama karang taruna Tolinggula Tengah.

Saat ini, saya mendengar kabar bahwa sejumlah mahasiswa dari UMGo sedang menjalankan kegiatan KKD di desa tersebut. Oleh karena itu, melalui tulisan ini, saya ingin menyampaikan berita baik kepada teman-teman mahasiswa tersebut bahwa Desa Tolinggula Tengah adalah tempat yang sangat ramah terhadap mahasiswa.

Terlebih lagi, Karang Taruna desa ini memiliki pemuda dan pemudi yang produktif, yang siap mendukung setiap program yang akan dijalankan oleh mahasiswa. Kami berharap semoga program-program yang direncanakan dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat yang signifikan kepada masyarakat Tolinggula Tengah.

Selamat melaksanakan tugas KKD kepada teman-teman mahasiswa UMGo. Semoga pengabdian kalian berdampak positif dan memberikan kontribusi berarti bagi masyarakat desa tersebut. (004/ilam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *