Menu

Mode Gelap

Daerah ยท

SMS : Penundaan Keberangkatan Haji 2021 Jemaah Perlu Kepastian dan Solusi.


					SMS : Penundaan Keberangkatan Haji 2021 Jemaah Perlu Kepastian dan Solusi. Perbesar

Jakarta, Sri Masri Sumuri Sekretaris Fraksi PPP (Dapil Pohuwato dan Bualemo) yang saat ini sebagai anggota Komisi IV DPRD Provinsi Gorontalo yang membidangi masalah agama menanggapi kebijakan pembatalan Jemaah haji tahun 2021. 

Menurut SMS bahwa sebenarnya persoalan haji setiap tahun selalu ada dan sering menimbulkan polemik di masyarakat, baik jemaah haji resmi yang regular maupun jemaah yang mengunakan jalur khusus (ibadah haji plus). 

Namun dari sekian persoalan haji, pengelolaan dana haji yang tidak sesuai peruntukkannya ini perlu diselesaikan dengan baik. Sebab informasi yang berkembang di tengah-tengah masyarakat dana haji ini digunakan untuk kepentingan pembangunan. Sehingga berita ini perlu dijelaskan secara bijak oleh pemerintah kepada masyarakat agar polemiknya tidak berlarut-larut apalagi jika isu ini sudah masuk ranah politik, maka akan digoreng habis-habisan, Demikian tegas SMS (09/06/2021). 

Sementara itu menanggapi pembatalan keberangkan Jemaah haji 1442 Hijriah yang ditetapkan pada 3 Juni 2021 oleh Pemerintah melalui Keputusan Menteri Agama (Kemenag) RI dengan Nomor 660 Tahun 2021, menurut SMS, perlu dicarikan solusi yang tepat terutama langkah-langkah apa dan kebijakan seperti apa yang akan diambil setelah pengumuman ini keluar. 

Artinya saat ini masyarakat kita memerlukan suatu kepastian, penjelasan dan solusi yang tepat terutama bagi para jemaah yang sudah dua tahun tertunda tersebut dapat berangkat menunaikan ibadah haji pada tahun depan. Jelas SMS. 

Sekali lagi bagi saya penjelasan ini sangat penting, baik berita dan informasi yang simpang siur di masyarakat tentang pengelolaan dana haji maupun terkait dengan penundaan keberangkatan haji 2021. 

Saya melihat bahwa masyarakat kita itu butuh kepastian agar mereka bisa ada ketenangan menyikapi berita-berita yang simpang siur berkembang di media. Sebab, jika tidak dijelaskan dan diselesaikan dengan baik, saya khawatir akan semakin menambah daftar buruk persoalan haji Indonesia. 

Karena itu saya berharap agar ada kebijakan yang tepat untuk memastikan Jemaah haji kita ini terutama jemaaah yang tertunda tersebut dapat berangkat ke tanah suci Mekah. Sebaliknya bagi masyarakat agar tenang dan memberikan kesempatan kepada pemerintah untuk bekerja dan menyelesaikan persoalan tersebut. Sebab hampir seluruh negara melakukan pembatalan, karena ini juga menjadi kebijakan pemerintahan Arab Saudi. pinta SMS.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 41 kali

badge-check

Pewarta

Baca Lainnya

Beberapa Orang Terduga Pelaku Penganiayaan Di Desa Toraut Tengah Dilaporkan Ke Kepolisian

30 November 2021 - 12:48

Kunjungan Tim Bagian Hukum DPRD Provinsi Gorontalo Pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan HAM Bali.

29 November 2021 - 12:19

Terkait JDIH, Setwan Deprov Lakukan Studi Komparasi Ke DPRD Prov.Bali

29 November 2021 - 12:13

IPKI Wilayah Gorontalo Terbentuk Melalui Kongres Pertama.

26 November 2021 - 19:27

BINDA Gorontalo & Polsek Kota Selatan Gelar Vaksinasi Door to Door.

23 November 2021 - 10:16

Luar Biasa, Jeanete Kilapong Mbuinga Terpilih Ketua Umum DPC IWAPI Pohuwato 2 Periode.

15 November 2021 - 14:46

Trending di Advetorial