Menu

Mode Gelap

Daerah WITA

DPT Capai 100% : KPU Kabupaten Pohuwato Siap Sukseskan Pemilu dan Pemilukada 2024


					DPT Capai 100% : KPU Kabupaten Pohuwato Siap Sukseskan Pemilu dan Pemilukada 2024 Perbesar

Silahkan di Share Yach

Pohuwato, 5 Agustus 2023 – Pagi ini, Komisi 1 DPRD Provinsi Gorontalo, melakukan kunjungan kerja ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pohuwato, guna membahas persiapan pemilu dan pemilihan kepala daerah (pemilukada) tahun 2024.

Dalam pertemuan tersebut, komisi 1 telah berkomunikasi dan berkoordinasi dengan KPU terkait tahapan penyelenggaraan Pemilu dan persiapan pemilukada tahun depan. Salah satu hal yang disoroti adalah daftar calon sementara dari beberapa partai.

“Beberapa partai sudah mendapatkan informasi mengenai persyaratan daftar calon, dan pada tanggal 6 nanti, mereka akan diberi waktu untuk menyelesaikannya,” ungkap Ketua Komisi 1 DPRD Provinsi Gorontalo, AW. Thalib.

Namun, ada juga beberapa partai yang menyatakan tidak akan melakukan perbaikan lagi setelah hasil verifikasi diterima. Hal ini menandakan keseriusan partai dalam mempersiapkan calon mereka untuk menghadapi pemilu dan pemilukada.

Pemilu dan Pemilukada 2024

(foto istimewa: Zulkarnain Katili/humas protokol)

Selanjutnya, Thalib juga mengapresiasi capaian KPU Pohuwato terkait daftar pemilih tetap (DPT). Data potensial penduduk di Pohuwato sebanyak 3 ribu orang telah berhasil direkam sebagai pemilih tetap, mencapai 100% pada hari ini.

Baca juga:

Tahapan Pemilu dan Pemilukada 2024: Komisi 1 Bangun Koordinasi dengan KPU Bualemo

Tahapan Pemilu-Pemilukada 2024: 41 Ribu Pemilih Belum Melakukan Perekaman KTP Elektronik?

“Ini menjadikan Pohuwato sebagai daerah pertama yang berhasil menyelesaikan perekaman KTP elektronik secara menyeluruh.” ujar AW. Thalib.

“Prestasi ini patut dibanggakan karena menunjukkan kesigapan dan kerja keras KPU dan Bawaslu, serta dukungan dari pemerintah daerah melalui Dukcapilnya,” tambahnya.

Pemilu dan Pemilukada 2024

(foto istimewa: Zulkarnain Katili/humas protokol) Persiapan dan tahapan Pemilu dan Pemilukada 2024 oleh Komisi 1 DPRD Provinsi Gorontalo dalam kunjungan ke KPU Pohuwato.

Terkait persiapan pemilukada 2024, salah satu hal yang mendesak adalah pembiayaan. Awalnya, anggaran untuk pemilukada sebesar 34 miliar rupiah, namun mengalami pengurangan menjadi 23 miliar.

Disaat belum ada kesepakatan, Pemerintah Daerah justru kembali menawarkan penurunan anggaran menjadi 14 miliar. Hal ini kata AW. Thalib, perlu segera ditindaklanjuti dengan komunikasi intens. Jangan sampai hal ini akan mengganggu proses pemilu dan pemilukada.

Menurut AW. Thalib progres tugas KPU Pohuwato terlihat semakin baik, namun masih banyak hal yang perlu diperhatikan untuk menjamin kelancaran pemilu dan pemilukada mendatang. Komunikasi intens antara pemerintah daerah dan KPU menjadi kunci penting dalam meraih kesuksesan dalam proses demokrasi ini.

Dengan demikian, pihak terkait diharapkan dapat bekerja sama untuk mencapai kesepakatan anggaran yang memadai demi kesuksesan Pemilu dan Pemilukada tahun 2024. (004/ilam)

Artikel ini telah dibaca 32 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Buka Bersama DPD PJS Gorontalo, Ketua: Jang Tako, Pukul!

6 April 2024 - 20:48 WITA

Malam Puncak Festival Ramadhan Pegadaian: Akan Dimeriahkan oleh Penampilan Istimewa, Wizz Baker

6 April 2024 - 03:26 WITA

Festival Ramadhan Pegadaian di Gorontalo: Berkah Bagi UMKM di Bulan Suci!

6 April 2024 - 03:05 WITA

Jelang Lebaran, Kehumasan DPRD Gelar Silaturahmi dengan Sejumlah Jurnalis Media Mitra DPRD

5 April 2024 - 22:33 WITA

Pembangunan Jembatan Buti Menuai Kritikan dari Anggota Komisi 3: Ini Penyebabnya!

5 April 2024 - 15:47 WITA

Merangsang Hubungan Kemitraan, Kejati Gorontalo Gelar Bukber Dengan Sejumlah Jurnalis Media Massa

5 April 2024 - 04:47 WITA

Trending di Kejati Gorontalo