Menu

Mode Gelap

Daerah WITA

Tahapan Pemilu-Pemilukada 2024: 41 Ribu Pemilih Belum Melakukan Perekaman KTP Elektronik?


					Tahapan Pemilu-Pemilukada 2024: 41 Ribu Pemilih Belum Melakukan Perekaman KTP Elektronik? Perbesar

Silahkan di Share Yach

Tahapan Pemilu, Provinsi GorontaloKomisi 1 DPRD Provinsi Gorontalo melaksanakan kunjungan kerja ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo, pada Selasa (01/08/23).

Salah satu tujuan utama dari pertemuan ini adalah mengevaluasi proses dan penyelenggaraan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) legislatif dan Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) yang sedang berlangsung.

Dalam pertemuan tersebut, AW. Thalib menerima kabar gembira bahwa tahapan Pemilu legislatif di Provinsi Gorontalo telah berjalan dengan baik. Salah satu pencapaian signifikan adalah penetapan daftar pemilih tetap (DPT).

“Yang sekarang kita ikuti perkembangannya ditingkat kecamatan. Kita datangi juga hingga ke panwas yang ada di sana.” ungkap AW. Thalib.

AW. Thalib mengungkapkan bahwa masih ada beberapa tantangan yang perlu diatasi untuk memastikan Pemilu berjalan lancar dan terhindar dari potensi masalah yang dapat merugikan proses demokrasi.

Tahapan Pemilu

(foto istimewa: Nhea) Rapat evaluasi tahapan pemilu & pemilukada 2024, Komisi 1 dan KPU Provinsi Gorontalo

Salah satu tantangan yang berhasil diidentifikasi adalah sekitar 41 ribu pemilih yang belum melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik.

“Namun, berkat kerja keras Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) bekerja sama dengan KPU dan aparat setempat, hampir 90% dari jumlah pemilih tersebut telah terlayani.” jelas AW. Thalib.

Baca juga: Pemilu Tahun 2024: KPU Gorontalo Menghadapi Tantangan Pembiayaan

“Adanya komitmen dari KPU untuk menyelesaikan sisa 10% masalah ini menjadi sebuah kabar baik bagi kami, yang diharapkan dapat teratasi sebelum akhir tahun ini.” sambung Politisi Partai Persatuan Pembangunan tersebut.

Pertemuan antara Komisi 1 dan KPU Provinsi Gorontalo menyoroti pentingnya sinergi dan kolaborasi antar lembaga dalam menghadapi tantangan dalam penyelenggaraan tahapan Pemilu dan Pemilukada.

Tahapan Pemilu

(foto istimewa: Nhea) pimpinan dan anggota komisi 1 ber-swafoto bersama pimpinan dan anggota KPU usai rapat.

“Ya mungkin sudah 90% tinggal 10% dari 41.000 itu yang mungkin yang masih dituntaskan oleh Dukcapil bersama dengan KPU dan juga dari aparat setempat.” terang AW. Thalib.

Tak hanya itu, Komisi 1 juga berkomitmen untuk memberikan tambahan peralatan perekaman KTP elektronik kepada daerah-daerah Kabupaten-kota yang mengalami kekurangan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) perubahan.

Ini menunjukkan adanya keseriusan pemerintah daerah dan lembaga terkait untuk meningkatkan efisiensi dalam proses Pemilu dan Pemilukada di Provinsi Gorontalo ke depannya.

Semua upaya dan komitmen yang dilakukan oleh Komisi 1, KPU Provinsi Gorontalo, dan instansi terkait berdampak positif bagi partisipasi masyarakat dalam proses pemilu.

“Partisipasi masyarakat yang tinggi akan meningkatkan legitimasi hasil pemilu dan pemilukada, sehingga tercipta tatanan pemerintahan yang stabil dan dipercaya oleh rakyat.” tutup AW. Thalib. (004/ilam)

Artikel ini telah dibaca 25 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Buka Bersama DPD PJS Gorontalo, Ketua: Jang Tako, Pukul!

6 April 2024 - 20:48 WITA

Malam Puncak Festival Ramadhan Pegadaian: Akan Dimeriahkan oleh Penampilan Istimewa, Wizz Baker

6 April 2024 - 03:26 WITA

Festival Ramadhan Pegadaian di Gorontalo: Berkah Bagi UMKM di Bulan Suci!

6 April 2024 - 03:05 WITA

Jelang Lebaran, Kehumasan DPRD Gelar Silaturahmi dengan Sejumlah Jurnalis Media Mitra DPRD

5 April 2024 - 22:33 WITA

Pembangunan Jembatan Buti Menuai Kritikan dari Anggota Komisi 3: Ini Penyebabnya!

5 April 2024 - 15:47 WITA

Merangsang Hubungan Kemitraan, Kejati Gorontalo Gelar Bukber Dengan Sejumlah Jurnalis Media Massa

5 April 2024 - 04:47 WITA

Trending di Kejati Gorontalo