Menu

Mode Gelap

Internasional News ยท

ISIS-K Dibalik Bom Kabul: Kelompok Teroris Musuh Taliban


					ISIS-K Dibalik Bom Kabul: Kelompok Teroris Musuh Taliban Perbesar

Kelompok ISIS Afghanistan mengklaim bertanggungjawab atas serangan bom bunuh diri di dekat Bandara Internasional Hamid Karzai, Kabul, Afghanistan, Kamis siang. Kelompok yang dikenal sebagai ISIS-K itu telah lama merencanakan serangan terhadap personel Amerika Serikat dan militer asing lainnya di Afghanistan. 

Seperti diketahui, kelompok ISIS-K menyerang jantung kota Kabul, dan memicu dua ledakan hebat, pertama di luar Bandara Hamid Karzai dan satu lagi di Hotel Baron di dekatnya. Serangan itu menewaskan puluhan warga sipil Afghanistan dan setidaknya 13 anggota militer AS.

ISIS-K adalah kependekan dari ISIS Khorasan, dibentuk pada akhir 2014 dan beroperasi sebagai afiliasi ISIS di Afghanistan dan Pakistan. Khorasan adalah nama wilayah yang mencakup Afghanistan, dan sebagian Timur Tengah dan Asia Tengah. Kelompok ini juga dikenal sebagai ISIS-K atau IS-K.

Anggota pendiri termasuk militan yang meninggalkan Taliban Afghanistan dan Taliban Pakistan.

“ISIS telah mengirim perwakilan ke Pakistan dan Afghanistan. Mereka pada dasarnya dapat mengkooptasi beberapa Taliban Pakistan yang tidak puas, dan beberapa (anggota) Taliban Afghanistan untuk bergabung dengan perjuangan mereka,” kata Seth Jones, Analis Afghanistan di Center for Strategic and International Studi dilansir NPR, Jumat, 27 Agustus 2021.

Dalam sebuah video tahun 2015, pemimpin kelompok ISIS-Kpada saat itu, Hafiz Saeed Khan, dan komandan tinggi lainnya berjanji setia kepada Abu Bakr al-Baghdadi, yang saat itu menjadi pemimpin Negara Islam, dan menyatakan diri mereka sebagai administrator wilayah baru ISIS di Afghanistan.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 28 kali

badge-check

Pewarta

Baca Lainnya

Waduh! Apple Sukses Bikin Facebook Rugi Banyak, Kok Bisa?

4 November 2021 - 21:10

Nampak Satelit Tunjukkan Suasana Ngeri di Afghanistan

29 Agustus 2021 - 04:55

Indonesia dan Uzbekistan Segera Membentuk Working Group atau Kelompok Kerjasama Guna Mempercepat Kerjasama Ekonomi Antarkedua Negara.

19 Mei 2021 - 12:10

Komisi 1 Dprd Provinsi Gorontalo Usulkan Pembangunan Rutan

25 Maret 2021 - 12:42

Pembangunan Sekolah Calon Bintara di Gorontalo Terancam Gagal.

24 Maret 2021 - 12:32

Pertamina Siapkan Program Langit Biru Tahap Ke Dua

23 Maret 2021 - 12:45

Trending di Advetorial