Menu

Mode Gelap

Jurnalis Warga ·

Air Limbah Genangi Halaman Rumah Warga, Pemerintah Kelurahan Wongkaditi Timur Temui Pihak RSUD Aloe Saboe.


					Air Limbah Genangi Halaman Rumah Warga, Pemerintah Kelurahan Wongkaditi Timur Temui Pihak RSUD Aloe Saboe. Perbesar

Winnet Id Gorontalo – Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit diatur dengan Peraturan Menteri Kesehatan. Permenkes Nomor 7 Tahun 2019 tentang kesehatan lingkungan rumah sakit disusun untuk mewujudkan kualitas kesehatan lingkungan rumah sakit yang memenuhi standar baku mutu kesehatan lingkungan dan persyaratan kesehatan. bahwa untuk mencapai pemenuhan standar baku mutu kesehatan lingkungan dan persyaratan kesehatan serta melindungi petugas kesehatan, pasien, pengunjung termasuk masyarakat di sekitar rumah sakit dari berbagai macam penyakit dan/atau gangguan kesehatan yang timbul akibat faktor resiko lingkungan perlu diselenggarakan kesehatan lingkungan rumah sakit.

Oleh karena itu menindak lanjuti laporan warga yang bermukim di sekitar  RSUD Aloe Saboe, Pemerintah Kelurahan Wongkaditi Timur dan temui Pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aloe Saboe  segera  Melakukan tindakan.

Apa yang menjadi permasalahan tersebut ditindaklanjuti dengan melaksanakan  Kerja Bakti sekaligus memastikan Laporan warga tentang dugaan bocornya Instalasi Pengelohan Air limbah ( IPAL ) yang kini airnya menggenangi halaman warga, jum’at ( 21/5/2021).

“ ini kami lakukan agar apa yang menjadi keluhan masyarakat langsung kita respon,” Kata Ul Amri selaku ketua LPM Kelurahan Wonggaditi Timur.

Alhasilnya, di ketahui bahwa dugaan bocornya IPAL tersebut tidak di temukan, namun dari hasil pembersihan dilokasi genangan air menemukan adanya rembesan air yang keluar dari sela-sela susunan batu pondasi Rumah Sakit tapi bukan dari IPAL.

 “kami sudah melihat dan melakukan upaya penelusuran dari ipal RSUD tapi kami tidak temukan instalasi Ipal yang bocor, hanya saja  ada rembesan air yang keluar dari sela-sela susunan batu Pondasi rumah sakit tapi bukan dari ipal ”. kata Bambang Djafar selaku Lurah Wonggaditi Timur.

ketua LPM Kelurahan Wonggaditi Timur Ul amri menambahkan bahwa kalau melihat elevasi tanah memang di area Luar rumah sakit sudah tidak memenuhi standarnya.

” tanah yang di bangun RSUD so tinggi pak, karena so di timbun, secara otomatis airnya pasti mengalir ke halaman rumah warga,namun pihak rumah sakit Aloe saboe akan melakukan upaya perbaikan Pondasi yang bocor dengan melakukan Plesternisasi .” tambahya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala  Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Kota Gorontalo Iskandar Daud  yang di hubungi via telpon oleh Lurah Wongkaditi tiba di lokasi langsung melaksanakan Peninjauan lokasi.

Menurut penuturan beliau bahwa masyarakat di seputaran area rumah sakit  ini tidak mempunyai saluran pembuangan akhir.

“ ternyata masyarakat disini tidak ada  saluran pembuangan akhir maka wajar ada genangan air” ungkap Iskandar Daud.

Melalui kesempatan itu pihaknya akan berupaya untuk memprogram pembuatan IPAL KOMUNAL untuk warga sekitar RSUD .beliau berharap ada dukungan dari Pemerintah kelurahan utamanya warga sekitar.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 218 kali

badge-check

Pewarta

Baca Lainnya

Luar Biasa, Jeanete Kilapong Mbuinga Terpilih Ketua Umum DPC IWAPI Pohuwato 2 Periode.

15 November 2021 - 14:46

Ini Pesan Jeanete Kilopang  Mbuinga Pada IWAPI Pohuwato.

15 November 2021 - 14:08

Tropicana Slim Dukung Diabetesi di Masa Pandemi melalui #Hands4Diabetes2021 Online Festival.

13 November 2021 - 16:21

Astaga, Sumur Bor Desa Pangea Bermasalah DPRD Minta Ini Diseriusi!!

11 November 2021 - 00:34

winnet.id

Tim Reses Dapil VI Tinjau Rumah Sakit Iwan Bokings Boalemo.

10 November 2021 - 13:14

winnet.id

Menparekraf Sandiaga Uno Wujudkan Geopark Gorontalo sebagai Geopark Nasional.

7 November 2021 - 10:19

winnet.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno
Trending di Daerah