Menu

Mode Gelap

Info terkini WITA

Jelang Pilpres, Prabowo Dapat Dukungan Dari 3 Partai Besar Untuk Berkoalisi


					Jelang Pilpres, Prabowo Dapat Dukungan Dari 3 Partai Besar Untuk Berkoalisi Perbesar

Silahkan di Share Yach

winnet.id JAKARTA –  Persaingan politik jelang pemilihan presiden (Pilpres) semakin memanas dengan munculnya berita mengenai kesepakatan berkoalisi antara empat partai besar, yaitu Partai Gerakan Indonesia Raya (GERINDRA), Partai Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Amanat Nasional (PAN) Keputusan ini memiliki potensi untuk mengubah dinamika politik nasional dan membentuk konstelasi baru dalam perhelatan Pilpres mendatang.

Koalisi ini ditandai dengan Penandatanganan kesepakatan politik oleh empat pemimpin partai politik yang berbeda, yaitu Muhaimin Iskandar dari PKB, Zulkifli Hasan dari PAN, Airlangga Hartarto dari Golkar, dan juga Prabowo sendiri di Gedung Perumusan Pancasila, Jakarta, 13/08/2023.

Kesepakatan ini menjadi sangat menarik karena GERINDRA dan GOLKAR sebelumnya merupakan dua partai yang berada dalam koalisi pemerintah, sementara PKB merupakan partai oposisi. Namun, langkah ini menunjukkan dinamika politik yang terus berubah dan penekanan pada kepentingan nasional di atas perbedaan partai.

Partai PKB, yang memiliki basis dukungan dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU), tentunya menjadi harapan besar untuk mendapatkan banyak dukungan dari kalangan masyarakat.

Namun, dampak dan implikasi dari koalisi ini masih menjadi perdebatan hangat di kalangan analis politik.

Beberapa berpendapat bahwa ini dapat mengubah lanskap politik nasional dan memberikan alternatif baru dalam pilihan pemilih di Pilpres mendatang.

Namun, ada juga kekhawatiran bahwa dinamika koalisi yang melibatkan partai-partai dengan latar belakang dan arah politik yang berbeda dapat menghadirkan tantangan dalam hal kesepakatan program dan agenda bersama.

Sementara itu, tokoh-tokoh nasional dan kalangan politisi lainnya memberikan respons bervariasi terkait koalisi ini. Namun, satu hal yang jelas adalah bahwa dengan berkoalisi, GERINDRA, GOLKAR,PKB dan PAN telah membuka babak baru dalam persiapan menghadapi kontestasi Pilpres yang semakin mendekat.

Koalisi GERINDRA-GOLKAR-PKB-PAN ini telah menciptakan dinamika baru dalam politik Indonesia. Ini adalah kali pertama dalam sejarah politik modern Indonesia bahwa empat partai besar dengan latar belakang ideologi yang berbeda membentuk koalisi jelang Pilpres.

Bagaimana dinamika politik ini akan berlanjut dan mengubah arah perpolitikan Indonesia tetap menjadi sorotan dalam beberapa bulan ke depan.

Artikel ini telah dibaca 115 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Malam Puncak Festival Ramadhan Pegadaian: Akan Dimeriahkan oleh Penampilan Istimewa, Wizz Baker

6 April 2024 - 03:26 WITA

Festival Ramadhan Pegadaian di Gorontalo: Berkah Bagi UMKM di Bulan Suci!

6 April 2024 - 03:05 WITA

Merangsang Hubungan Kemitraan, Kejati Gorontalo Gelar Bukber Dengan Sejumlah Jurnalis Media Massa

5 April 2024 - 04:47 WITA

Dukung UMKM Gorontalo, Pegadaian Tawarkan KUR Dengan Suku Bunga Ringan: 3% pertahun!

5 April 2024 - 04:07 WITA

Gelar Festival Ramadhan, Pegadaian Gandeng UMKM Gorontalo

5 April 2024 - 03:13 WITA

Festival Ramadhan Pegadaian Dibuka Walikota: Ada Bazar Emas di Taruna Remaja!

4 April 2024 - 19:57 WITA

Trending di Nasional