Menu

Mode Gelap

DPRD Provinsi Gorontalo WITA

Komisi I Deprov Gorontalo Soroti Program Command Center Pemprov


					Komisi I Deprov Gorontalo Soroti Program Command Center Pemprov Perbesar

Silahkan di Share Yach

Winnet.id – Status tidak jelas, Program Command Center yang dirancang oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo menjadi sorotan Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo, dimana hingga saat ini belum berjalan sesuai harapa. Command center salah satu fungsinya melakukan pemantauan berbagai aktifitas dan informasi.

Pusat data ini sebenarnya akan beroperasi pada tahun 2022 kemarin, namun masih terkendala oleh aspek peralatan, perangkat dan ruangan sehingga ditargetkan pada awal tahun 2023, tapi sampai dengan bulan Maret ini belum juga terlihat tanda-tandanya.

Hal ini membuat Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo mulai gerah dan bertanya-tanya kepastian command center akan mulai beroperasi.

“Hingga saat ini kami masih menunggu dan ingin memastikan kapan command center difungsikan,” ujar Ketua Komisi I AW Thalib, Senin (13/03/2023).

Ditegaskan, jangan sampai program yang telah menelan APBD yang cukup besar ini hanya akan menjadi pajangan dan tidak termanfaatkan.

“Kalau hanya jadi pajangan untuk apa, kami minta ini segera beroperasi,” tegasnya.

Dikatakan, command center sangat diharapkan tidak saja berdiri sendiri tapi harus menjadi data center yang aplikasinya terintegrasi dan terkoneksi ke seluruh OPD-OPD bahkan sampai sampai ke Kabupaten Kota hingga ke desa atau kelurahan. Mengapa, karena saat ini menuju Gorontalo digital yaitu satu konektifitas yang saling terintegrasi terkait satu sama lain.

“Ini tentunya memiliki sumber data primer bersumber dari Kabupaten Kota yang juga bersumber dari desa sehingga kita tidak perlu melakukan pemutakhiran data secara periodik karena sudah terjadi pemutakhiran setiap saat,” jelasnya.

AW Thalib berharap, interkoneksi selain antara OPD dan juga Kabupaten Kota perlu dilakukan dengan instansi vertikal yang ada di daerah ini agar terasa lebih luas manfaatnya.

“Dengan begitu kita makin banyak dan mudah memperoleh informasi bahkan meresponnya. Kita bisa menjawab apa-apa dan persoalan yang dihadapi dan pada saat itu juga Gubenur sebagai Kepala daerah bisa mengambil langkah dan ditindaklanjuti oleh OPD terkait,” pungkasnya.

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Jelang Lebaran, Kehumasan DPRD Gelar Silaturahmi dengan Sejumlah Jurnalis Media Mitra DPRD

5 April 2024 - 22:33 WITA

Pembangunan Jembatan Buti Menuai Kritikan dari Anggota Komisi 3: Ini Penyebabnya!

5 April 2024 - 15:47 WITA

Wakili Unsur Pimpinan DPRD, Siti Nur’ain Sompie Ikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Otanaha 2024

4 April 2024 - 03:56 WITA

Dharma Wanita Sekretariat Deprov Gorontalo Bagi Sembako ke Petugas Kebersihan.

1 April 2024 - 12:40 WITA

Komisi 1 Evaluasi Kinerja KPU dan Bawaslu Pasca Pemilu: Bawaslu Lombo!

30 Maret 2024 - 04:11 WITA

Lauching Tahapan Pilkada Bakal Digelar 31 Maret: Petugasnya Orang Lama?

30 Maret 2024 - 04:09 WITA

Trending di DPRD Provinsi Gorontalo