Menu

Mode Gelap
Tim PPS Kejati Gorontalo Tinjau Proyek Pembangunan Yang Menggunakan Dana PEN Terima Penghargaan WTP Dari Menkeu, Ini Harapan Penjagub Gorontalo Hadiri Opening Ceremony Piala Gubernur ESI Gorontalo, Ini Permintaan Penjagub Pimpin Upacara Peringatan Harhubnas, Ini Penyampaian Penjagub Gorontalo Sambut HUT Lalu Lintas ke 67, Satlantas Polres Gorontalo Kota Gelar Baksos

Daerah · 22 Sep 2022 17:54 WITA ·

Tim PPS Kejati Gorontalo Tinjau Proyek Pembangunan Yang Menggunakan Dana PEN


 Tim PPS Kejati Gorontalo Tinjau Proyek Pembangunan Yang Menggunakan Dana PEN Perbesar

Silahkan di Share Yach

WINNET.ID – Tim Pendampingan Proyek Strategis (PPS) Bidang Intelijen Kejaksaan Tinggi Gorontalo, melakukan peninjauan dan pemeriksaan pada pekerjaan infrastruktur jalan yang menggunakan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang ada di Kota Gorontalo. Rabu (21/09/2022).

 

Pada peninjauan tersebut, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Gorontalo bersama kontraktor pelaksana pekerjaan juga turut hadir bersama tim PPS Kejati Gorontalo dalam peninjauan tersebut.

 

Sebelumnya, pada Selasa 19/09/2022, tim PPS Kejati Gorontalo bersama tim Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Provinsi Gorontalo, juga telah melakukan peninjauan lapangan khususnya pada pekerjaan ruas jalan panjaitan Kota Gorontalo untuk mengetahui sejauh mana proses pelaksanaan pekerjaan yang telah dilakukan oleh Kontraktor pelaksana.

 

Sementara itu, pada peninjauan pekerjaan yang sudah mulai dilaksanakan dalam masa perpanjangan waktu yang diatur dalam regulasi pengadaan tersebut, Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi Gorontalo, Otto Sompotan yang juga selaku Ketua tim PPS memberikan peringatan dan meminta tegas kepada penyedia jasa kontraktor untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut sesuai action planning.

 

“Jadi, saya memberikan peringatan kepada penyedia jasa konstruksi sekaligus meminta dengan tegas untuk segera melaksanakan dan menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan rencana yang telah dibuat. Agar supaya, pekerjaan tersebut selesai sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ucap Otto Sompotan.

 

Selanjutnya dirinya mengatakan apabila peringatan ataupun saran dari tim PPS tersebut tidak dilaksanakan, maka akan diberikan sanksi tegas seperti penalti atau denda keterlambatan pekerjaan proyek sebesar 1°/00 (satu permil) atau 1/100 (seperseribu) perhari dari total nilai anggaran pada kontrak kerja yang telah disepakati.

 

“Apabila peringatan ini tidak dilaksanakan, maka kami akan memberikan sanksi tegas dalam hal ini akan memberikan denda keterlambatan pekerjaan proyek,” tegasnya.

 

Disisi lain, Kepala Kejaksaan Tinggi Gorontalo melalui Kepala Seksi Penerangan Hukum, Dadang M. Djafar menjelaskan bahwa Kejaksaan merupakan instansi penegak hukum yang diberikan kepercayaan dan kewenangan oleh negara dalam mengawal penggunaan dana PEN agar tepat sasaran, tepat waktu agar supaya tidak disalahgunakan.

 

“Jadi dari pengawalan tersebut, ini adalah bagaimana dalam menyelamatkan uang negara. Olehnya, peran Kejaksaan RI sangat penting untuk mengawal program tersebut untuk bagaimana sesuai dengan tujuannya,” beber Dadang Djafar.

 

Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) No 23 Tahun 2020 tentang pelaksanaan dana PEN, kata Dadang hal tersebut dilakukan dalam rangka mendukung pemulihan perekonomian negara pasca pandemi covid 19.

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 27 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Banjir Dukungan, Santi Ambia Layak Pimpin IKA Alumni SMEP/SMEA/SMK Negeri 1 Gorontalo

23 September 2022 - 20:39 WITA

Terima Penghargaan WTP Dari Menkeu, Ini Harapan Penjagub Gorontalo

22 September 2022 - 13:26 WITA

Penjagub Gorontalo

Hadiri Opening Ceremony Piala Gubernur ESI Gorontalo, Ini Permintaan Penjagub

20 September 2022 - 19:03 WITA

Opening Ceremony Piala Gubernur ESI Gorontalo

Ibunda Rusli Habibie Tutup Usia

19 September 2022 - 15:07 WITA

Pimpin Upacara Peringatan Harhubnas, Ini Penyampaian Penjagub Gorontalo

19 September 2022 - 12:57 WITA

Hari Perhubungan Nasional Gorontalo

Sambut HUT Lalu Lintas ke 67, Satlantas Polres Gorontalo Kota Gelar Baksos

19 September 2022 - 11:21 WITA

Hut Lantas, Polres Gorontalo Kota
Trending di Daerah