Menu

Mode Gelap

Info terkini ·

DPW KPK Tipikor Provinsi Gorontalo Gelar Bimtek Peningkatan SDM.


					DPW KPK Tipikor Provinsi Gorontalo Gelar Bimtek Peningkatan SDM. Perbesar

Winnet.id Gorontalo – Komisi Pengawasan  tindak pidana korupsi , DPW (KPK Tipikor) Provinsi Gorontalo  menggelar bimbingan tehnik (Bimtek ), Minggu (12/09/21) di Gedung  KB Kota Gorontalo.

“Pelaksanaan kegiatan ini merupakan juklak dan juknis program kerja Pengurus  danAnggota  DPW Tipikor Provinsi Gorontalo.” ungkap  Hariyanto Kasim selaku Ketua DPW KPK Tipikor Provinsi Gorontalo, kepada awak media.

Menurut Hariyanto , DPW KPK Tipikor terbentuk berdasarkan amanah yang dipercayakan DPP Tipikor Pusat untuk melakukan pengawasan dan pengawalan berbagai program pembangunan di Provinsi Gorontalo, baik fisik maupun non fisik yang didanai APBD dan APBN untuk kesejahteraan masyarakat.

”Kami akan berkoordinasi dengan pihak yudikatif, baik itu Kepolisian, Kejaksaan dan KPK dalam upaya meminimalisir tindak pidana korupsi di daerah.” kata Hariyanto singkat.

Ditanya soal permasalahan Kasus Korupsi di Gorontalo ia menjelaskan, kami tetap perpatokan pada aturan yang telah dibentuk untuk bekerjasama dengan pihak Kejaksaan maupun Kepolisian.

” apalagi saat ini penggunaan anggaran dana desa dan kelurahan sangat rentan terjadi indikasi korupsi, ini yang akan kita kawal sistem dan mekanismenya,” Jelasnya

Dalam acara Bintek DPW KPK Tipikor Provinsi Gorontalo turut dihadiri DR Nawir Sune, M.Si  Selaku Pembina serta Kasmir Abdul Hamid,SE sebagai Penasehat dan Seluruh Pengurus DPW KPK Tipikor.

Dalam kesempatan tersebut  DR Nawir Sune, M.Si menegaskan bahwa  KPK Tipikor bukanlah bagian dari Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI).”Kita (KPK Tipikor) memang bukan bagian dari KPK RI, kita ini Komisi Pengawasan  yang tugas dan fungsinya turut serta membantu pemerintah mencegah tindak korupsi,”ujarnya.

Nawir pun menambahkan, musuh terbesar sebuah negara itu ada tiga, yaitu korupsi, teroris dan narkoba. “Artinya, ketika masyarakat ingin membantu pemerintah untuk melakukan pencegahan terhadap tindak pidana korupsi apa salahnya,

Sementara itu Penasehat KPK Tipikor Gorontalo Kasmir Abdul Hamid,SE, menjelaskan fungsi dan peran KPK Tipikor tak lain untuk menampung aduan dari masyarakat dan bertindak sebagai pengawasan.

“Yang dilakukan KPK  ini untuk mempersempit ruang gerak korupsi serta pencegahan diawal.

 “ Tidak semua orang mau bekerja untuk mengawasi kerja pemerintah tanpa ada anggaran.

Negara Indonesia sangat kaya namun fakta dilapangan masarakat kecil masih sulit ekonomi, kesehatan dan pendidikan.” Di sinilah peran KPK Tipikor dapat mengawasi kerja pemerintah setempat.

Pewarta Dirson

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 45 kali

badge-check

Pewarta

Baca Lainnya

Luar Biasa, Jeanete Kilapong Mbuinga Terpilih Ketua Umum DPC IWAPI Pohuwato 2 Periode.

15 November 2021 - 14:46

Ini Pesan Jeanete Kilopang  Mbuinga Pada IWAPI Pohuwato.

15 November 2021 - 14:08

Suharsi Igirisa : Peran IWAPI Pohuwato Sangat Dibutuhkan Dalam Membantu Perekonomian.

15 November 2021 - 11:52

Tropicana Slim Dukung Diabetesi di Masa Pandemi melalui #Hands4Diabetes2021 Online Festival.

13 November 2021 - 16:21

Astaga, Sumur Bor Desa Pangea Bermasalah DPRD Minta Ini Diseriusi!!

11 November 2021 - 00:34

winnet.id

Sandiaga Uno : Ingin Geopark Gorontalo masuk Kategori Nasional ? Jangan “tutuhiya”.

7 November 2021 - 14:39

winnet.id
Trending di Daerah